Mewakili Kabupaten, Nursabila Jawa Diberangkatkan Ikuti Lomba Bertutur Tingkat Provinsi

Sula,(cMczone.com) – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Sula akhirnya memberangkatkan Salah seorang Peserta atas nama Nursabila Jawa, Yang Menjuarai Lomba bertutur di Tingkat Kabupaten untuk mengikuti lomba bertutur pada tingkatan Provinsi, Sabtu (21/8/2021).

Panitia Lomba bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasa Iftidaiya (Mi) yang dilaksanakan langsung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kepulauan Sula.

Pada kegiatan lomba bertutur itu, Kepala bidang Pengelola Pengembangan dan Pelestarian perpustakaan Ridwan Umasangaji yang juga membidangi kegiatan tersebut menuturkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas setiap tahun karena suda menjadi program Nasional Tahunan yang di laksanakan oleh seluruh Kabupaten Kota yang selalu di adakan oleh Kementrian Kearsipan Dan Perpustakaan Nasional dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia(SDM) generasi muda melalui peningkatan dan pengembangan minat literasi.

Baca Juga :   Pengcab ESI Kuansing Sukses Gelar Seleksi Mobile Legend, Vipers Esport Keluar Sebagai Pemenang

“Ini harus menjadi perhatian khusus pemerintah Daerah dan harus menjadi program prioritas yang dimulai dari perencanaan penganggaran sedari awal karena pengembangan SDM generasi muda sejak dini harus menjadi tanggung jawab kita bersama dan kegiatan ini di peruntukan untuk Anak SD dan MI kelas 3 sampai kelas 5,” tutur Ridwan.

Ridwan juga menyampaikan, untuk tingkat Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) minat dan animo masyarakat dan peserta partisipasi lomba masih sangat kurang dari target yang ingin di capai oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah mengingat, kendala terbesar Panitia Lomba adalah ketersediaan anggaran untuk kegiatan lomba bertutur tingkat SD dan MI di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Baca Juga :   Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si Laksanakan Acara Syukuran Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-75

“Animo peserta lomba sangat minim, kemarin yang ikut hanya 15 peserta lomba, padahal anak seusia SD dan Mi kelas 3 sampai kelas 5 sangat banyak, selanjutnya, Untuk Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) sendiri sudah 2 tahun terakhir ini,” jelasnya.

Ridan menyebutkan, dalam kurung waktu 2 tahun lamanya, baru diadakan kegiata lomba tersebut, dikarenakan terkendala dengan wabah Covid-19 sehingga kegitan lomba bertutur di adakan tahun 2021 ini.

“kami tidak melaksanakan lomba tersebut selema 2 tahun kemarin, nanti tahun di tahun 2021 ini, sebab dibenturkan dengan wabah pandemi Covid-19 sehingga baru sekarang kegiatan loba tingkat provinsi baru dimulai pada hari rabu besok dan kami berangkatkan peserta Pemenang Pertama atas nama Nursabila Jawa,” tutup Ridwan.