Berbagi Resep Dan Cara Pembuatan Halua Kenari Ala Perempuan Sula

Sula,(cMczone.com) – Saina Umasugi dengan baik hatinya mempublikasikan Resep dan tata Cara Pembuatan Halua kenari, dengan membagikan resep dan mempublikasikan maka dengan sendirinya masyarakat dapat melkukanya sendiri.

Bahan yang di siapkan:
1. Buah kenari.
2. Minyak Kelapa.
3. Gula pasir.

Cara membuat :
Pertama Pisahkan buah kenari dari cangkangnya menggunakan Batu atau Parang/Golok kemudian tuangkan isi kenari ke dalam Panis yang sudah di minyaki lalu di panaskan untuk memulai proses penggorenga kenarinya, Jangan lupa harus di aduk agar kenarinya tidak hangus setelahnya di angkat kemudian di dinginkan.

Selanjutnya campurkan gula pasir pada panis dan lelehkan dengan api yang kecil, masukan kenari yang sudah di goreng dan jangan lupa juga tambahkan sedikit minyak kelapa Setelah itu masukan garam sesuai dengan selera, aduk kembali hingga merata agar gula dan isi kenarinya menyatu kalau sudah agak kekuning – kuningan langsung angkat biar tidak gosong (Hangus).

Baca Juga :   Warga Rindang Alam Goro Bersihkan Pandam Pekuburan

Tunggu hingga Halua kenarinya agak hangat, setelah itu dibentuk sesuai yang dinginkan, untuk di kreasikan kamu bisa membungkusnya dengan kemasan yang tidak mudah meleleh atau alangkah baiknya di kemas menggunakan kertas minyak dan bisa juga langsung masukan dalam toples biar Halua Kenarinya terjaga dan aman.

Sumber: Saina Umasugi, Pembuat dan Penjual Halua Kenari Di Desa Wailau Kabupaten Kepulauan Sula.