IrjenPol Muhammad Iqbal : Ke Riau Seperti Pulang Kampung

Pekanbaru, cMczone.com – IrjenPol Mohammad Iqbal di Promosikan sebagai Kapolda Riau yang baru. “Saya bersyukur dipercaya lagi oleh Bapak Kapolri menjadi perpanjangan tangan beliau di salah satu provinsi Indonesia, yakni Riau.

Riau bagi saya bukan daerah yang asing. Saya seperti pulang ke kampung halaman,” ujar Iqbal kepada wartawan, Sabtu 18 Desember 2021. dirinya pertama kali menjabat di Riau setelah lulus Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 2000. Saat itu, Iqbal masih berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Kemudian, dia berdinas di Riau selama lima tahun.

Sejumlah jabatan diembannya, antara lain Kepala Satuan Lalu Lintas di Polres Kota Pekanbaru, Wakil Kepala Polres Dumai, serta Koorspri Kapolda Riau.  Kemudian, pada tahun 2005, Iqbal menjalani Sekolah Perwira Menengah (Sespimen) sehingga harus meninggalkan Riau. Iqbal mengaku selama lima tahun tersebut banyak berinteraksi di Riau. Alumni  Akademi Kepolisian 1991 itu bahkan mengatakan, anak keduanya yakni Muhammad Sulthan Al-Rizky, lahir di Kota Pekanbaru.

Baca Juga :   Dapil Riau 1: Hendry Munief Terus Bertahan, Panel Barus Bayangi Syamsuar

Historis ini membuatnya sangat kenal dan dekat dengan Riau, baik dari aspek geografis, sosial, kultur, budaya, serta masyarakatnya.  “Memori saya terhadap Riau bahkan masih sangat hangat terasa. Saya juga mengharapkan kerja samanya dengan stakeholder, terutama masyarakat Riau untuk menerima saya kembali,”ujarnya.