Dandim Sarko Hadiri Pelantikan/Pengukuhan Lembaga Adat Melayu Jambi

Merangin.  cMczone.com – Senin 24/01)2022 Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han hadiri Pembukaan Pelantikan/Pengukuhan Lembaga Adat Melayu Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

Turut hadir Dalam Acara tersebut Ketua Lembaga Adat Jambi (Drs H Hasan Basri Agus ), Bupati Sarolangun (H Cek Endra), Wakil Bupati Sarolangun (H. Hilalatil Badri), Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun (Tontawi Jauhari), Ketua Lembaga Adat Kabupaten Sarolangun (Helmi SH,MH), Kapolres Sarolangun (AKBP Anggun Cahyono. S.IK).

Juga hadir Waka Polres Sarolangun (Kompol A.Yani), Danramil 420-04/Sarolangun (Mayor Inf Abdul Azis), Kapolsek Sarolangun (Iptu Dwi Yatno).

Adapun susunan acara diawali dengan pembukaan oleh Protokol, Pembacaan Ayat Suci Al Qur,an, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Keputusan Lembaga Adat Jambi, Pembacaan naska oleh Ketua Adat Jambi, Doa dan terakhir Ramah tamah.

Baca Juga :   Dermaga Rakyat Pulau Mepar Akan Diperbaiki, Ansar Ahmad : Kita Upayakan Melalui APBD-P 2021

Dalam sambutannya Ketua Adat Melayu Sarolangun mengatakan dengan dilantiknya dan di kukuhkannya Lembaga Adat Melayu Jambi dirinya ucapkan terima kasih telah mempercayai amanah sebagai ketua ( LAM ) di Kabupaten Sarolangun. Kami ucapkan terima kasih telah di kukuhkan pengurus ( LAM ) Sarolangun perlunya kerjasama kita semua agar tercapainya program-program kerja lembaga adat.

Sedangkan Ketua Adat Provinsi Jambi mengatakan fungsi lembaga adat adalah membantu pemerintah, di tekankan agar seluruh pengurus membantu program pemerintah artinya lembaga adat tidak bisa lepas dari pemerintah karena anggaran juga bersumber dari pemerintah.

Sambutan Bupati yang berjuluk Datuk Temanggung Rajo Negeri mengucapkan selamat kepada pengurus yang sudah di lantik ” Kepada pengurus yang dilantik central meminta agar lebih perhatian terhadap adat yang ada di bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko atau peran lembaga ada di tengah masyarakat juga sangat dibutuhkan baik dalam penyelesaian sengketa, ” ucap Bupati.

Baca Juga :   Polres Tanjungpinang Gelar Apel Operasi Zebra Seligi

Pungsi lembaga adat tidak lepas membantu pemerintah setempat sebab anggaran dari pemerintah peran lembaga adat dalam masyarakat sangat di butuhkan baik dalam menyelesaikan sengketa sengketa yang terjadi, “pungkasnya.

(MASRIL GUNAWAN)