LiveNews
Berita  

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Spt , Reses Selama 8 hari di Dapil V

Payakumbuh, cMczone.com – Reses atau masa reses adalah masa dimana DPR/DPRD melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung Dewan, misalnya melakukan kunjungan kerja, baik secara perorangan atau berkelompok. 3 kali masa reses dalam 1 tahun dilakukan di akhir masa sidang di gedung DPR/DPRD.

Masa reses merupakan kesempatan anggota dewan menemui masyarakat di Dapil ( Daerah Pemilihan ) nya masing masing.

Tujuan Reses adalah menyerap dan menindak lanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungan secara moral dan politis.

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Spt ( Dt.Bijo ) melaksanakan Reses di Dapil V ( Payakumbuh – Limapuluh Kota ) sejak tanggal 12 Februari 2022 hingga 19 Februari 2022.

Ada 9 titik simpul masyarakat yang telah di agendakan sebelumnya untuk di temui oleh Dt.Bijo yang didampingi oleh Staff beliau Denison di setiap kegiatan. 9 titik tersebar di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh antara lain :
Kabupaten Limapuluh Kota : Kecamatan Harau, Payakumbuh, Mungka, Guguak, Akabiluru, Situjuah Limo Nagari, Lareh Sago Halaban, Gunuang Omeh, dll.

” Banyak aspirasi yang kami serap dari setiap kunjungan, yang Insyaallah tahun 2022 ini akan kita akomodir secara maksimal melalui Pokir ” ungkap Pak Datuak Bijo kepada awak media, Minggu 20 Februari 2022 di Kantor DPC Gerindra dibilangan Jalan Jendral Sudirman, Payakumbuh Utara, disela sela acara persiapan Perayaan HUT Partai Gerindra ke 14 tahun.

” Tahun ini Pokir kami juga ada untuk 6 ruas Jalan Usaha Tani ( JUT ) dan Jalan Lingkung, juga tersebar di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. Sudah dilakukan pengukuran, Insyaallah tahun 2022 ini sudah bisa direalisasikan ” pungkas Dt.Bijo.

Denison, Staff Pak Dt.Bijo ketika dihubungi awak media, Senin 21 Februari 2022 mengatakan : ” Reses tahun 2022 ini banyak mengarah ke ekonomi kerakyatan, Pertanian skala besar dan juga pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pertanian usaha mikro seperti ilmu budidaya cabe, Pelatihan jahit dan pembuatan roti kue..Budidaya galogalo trigona..juga ada bantuan alsintan penunjang pertanian seperti bentor dan hand tractor ” ujarnya.

Selanjutnya Denison mengatakan Pokir 2022 juga ada bantuan bibit dan Hewan ternak, antara lain :
– Bantuan bibit Durian Montong untuk 41 Ha Lahan ( tersebar )
– Bantuan Bibit Alpukat Alligator untuk 17 Ha ( tersebar ).
– Bantuan Hewan ternak Itik ( tersebar ).
– Alsintan : Hand Traktor dan Bentor.
– Pendidikan : Bantuan MCK di Yayasan Pendidikan Tigo Batua di Nagari Lubuak Batungkok.

Dalam Rangkaian Reses ada hal unik ketika H.Nurkhalis Dt.Bijo diminta menjadi Inspektur Upacara di SMA Negeri 1 Situjuah Batua, 12 Februari 2022, selanjutnya melakukan Silaturahmi dengan majelis guru dan persemian MCK SMA N Situjuah Batua yang juga bantuan via Pokir tahun sebelumnya.

Exit mobile version