Pemprov Kepri Siapkan Rp.70 Miliar Dana Hibah untuk Masjid dan Mushalla

Bintan, cMczone.com – Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dihelat di Masjid Besar Nurul Iman, Kijang Kota, Kabupaten Bintan, Senin (28/2/2022) malam.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, hadir langsung pada peringatan salah satu peristiwa paling menakjubkan dan penting bagi umat Islam tersebut.

Acara diisi dengan Tabligh Akbar oleh Ustadz M Yusuf Sidik, dengan tema ‘Spirit Peringatan Isra’ Mi’raj dalam Perubahan Sosial dan Pembangunan Masyarakat’ serta penyerahan hadiah lomba pidato, fahmil, dan kaligrafi.

Ansar saat memberikan sambutan, memohon doa seluruh masyarakat, karena menurut Ansar, apa pun hebatnya rencana, semua karena ridho Allah SWT.

Baca Juga :   Bentuk Kepengurusan di Pangkep, Sekber Satgas BPN Sulsel Percayakan Mutahar Bentuk Kepengurusan.

Pada kesempatan itu, Ansar juga  memaparkan rencana-rencana besarnya membangun Kepri.

Menurut Ansar, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov Kepri) menganggarkan hibah bantuan untuk masjid-masjid dan yayasan Islam sebesar Rp.70 miliar, yang dibagi untuk 7 kabupaten/kota.

Ansar berharap, menjelang bulan Ramadhan dapat selesai diserahkan dan penggunaannya betul-betul menjadi perhatian.

“karena kita, setiap tahun juga diaudit oleh auditor, baik auditor internal pemerintah maupun auditor di luar pemerintah daerah. Maka kita perlu menjaga amanah itu dengan sungguh-sungguh,” pesan Ansar.

Ansar juga menyampaikan, bahwa Pemprov Kepri baru melepas 50 orang ustadz yang di tempatkan di semua kabupaten/kota, khususnya di pulau-pulau hinterland, yang menurut Ansar, masyarakatnya wajib dijaga akidahnya dan dibangun semangatnya, agar dalam menghadapi situasi seperti saat ini dan masa depan.

Baca Juga :   Nakes Covid-19 Padang Panjang Kembalikan Insentif, Ini Kata Presidium MKAN Basko PP

“Kita juga menugaskan mereka untuk membantu mendata masjid-masjid di hinterland yang masih memerlukan perhatian, supaya Pemprov Kepri dapat memberikan perhatian sungguh-sungguh, agar masjid-masjid tersebut lebih representatif. Kalau ini berjalan baik dan sukses, tahun depan akan kita perbanyak,” ungkap Ansar.

Ansar berpesan, agar apa yang sudah dirintis di Kabupaten Bintan agar dilanjutkan, seperti Quran Centre di Tanjung Uban, rumah-rumah tahfiz, mini zoo, Sekolah Sahid Bintan Tourism Institute, agar diberi perhatian khusus dan dihidupkan kembali.

“Anggarannya kalau kurang, sharing dengan provinsi,” kata Ansar.

Ansar berharap, sempena memperingati Isra Mi’raj ini, dapat membangun semangat dan kualitas iman dan sholat.

“Agar kita menjadi hamba-hamba terbaik dan bertakwa di hadapan Allah SWT,” tutup Ansar.

Baca Juga :   Lantik Kabag Ops dan Kapolsek Pasimarannu Ini Instruksi dan Arahan Kapolres Selayar

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua BKMT Provinsi Kepri Dewi Kumalasari, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Kajati Kepri Hari Setiono, Perwakilan Forkopimda Kepri, Pj Sekdaprov Kepri Eko Sumbaryadi, Sekdakab Bintan Adi Prihantara, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan.

Editor: Budi Adriansyah