TP-PKK Kepri Gelar Cek Kesehatan Gratis dan Goro di Kampung Panglong

Bintan, cMczone.com – Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari, bersilaturahmi dan dialog dengan masyarakat pesisir di Kampung Panglong, Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Senin (14/3/2022).

Dewi juga menggelar cek kesehatan gratis dan gotong royong (goro) untuk masyarakat Kampung Panglong.

Dihadapan warga Dewi mengatakan, maksud kunjungannya untuk menjemput aspirasi dari masyarakat sekaligus menjelaskan berbagai program pemerintah untuk mensejahterakan warga Kampung Panglong.

“Kampung Panglong adalah kampung yang istimewa, karena kampung ini menyimpan potensi pariwisata dan potensi usaha rakyat yang sangat besar,” ujar Dewi.

Dewi menyebutkan, salah satu program utama pemerintah saat ini adalah memulihkan perekonomian melalui pariwisata.

Baca Juga :   Robby Kurniawan dan AKBP Bambang Sugihartono Resmikan KTN di Kampung Sidodadi

Kampung Panglong yang memiliki wisata mangrove dan dapur arang pun harus bersiap menata kawasannya, agar menarik para wisatawan datang.

Terlebih, menurut Dewi, Pelabuhan Berakit yang selama ini tidak beroperasi akan segera dimanfaatkan oleh Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, untuk menjadi pintu masuk wisatawan.

“Maka dari itu, Kampung Panglong harus bisa menjadi perhatian pertama para wisatawan yang datang dari pelabuhan,” kata Dewi.

Selain sebagai Ketua TP-PKK Kepri, Dewi yang juga menjabat Ketua Dekranasda Kepri mengaku, siap mendukung produk olahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kampung Panglong, seperti gamat dan produk laut lainnya, agar memiliki nilai jual yang tinggi.

“Sehingga, tidak hanya pasar lokal saja yang kita sasar, tetapi juga pasar ekspor bisa kita tembus kalau produknya bermutu tinggi,” kata Dewi.

Baca Juga :   Disdukcapil Pekanbaru distribusi KTPel cetak cepat sampai hari senin

Dalam dialog yang berlangsung hangat, istri Gubernur Kepri ini, juga menerima berbagai masukan dan harapan dari warga Kampung Panglong, seperti perbaikan rumah, penyediaan bus sekolah, renovasi rumah ibadah, dan harapan bantuan untuk UMKM.

Menanggapi aspirasi dari masyarakat, Dewi langsung menjelaskan, jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri sudah mempunyai program subsidi bunga nol persen untuk modal usaha yang bekerjasama dengan Bank Riau-Kepri.

Program yang digagas oleh Gubernur Kepri ini, sudah terbukti sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menstimulus usaha mereka.

“Bantuan subsidi bunga nol persen itu sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, warga Kampung Panglong pun harus merasakan manfaat dari program subsidi bunga nol persen,” kata Dewi.

Baca Juga :   Kesatria Merah Putih Bantu SDN Baudaok .

Di saat yang sama, warga Kampung Panglong tampak antusias mengikuti cek kesehatan gratis yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri.

Tim Dinkes Kepri menyediakan cek tekanan darah, gula darah, dan membawa berbagai obat-obatan untuk warga Kampung Panglong.

Selain itu, Dewi juga memberikan bantuan beras kepada warga Kampung Panglong yang berjumlah 85 Kepala Keluarga (KK). Setiap KK menerima bantuan beras dari Dewi sebanyak 5 kilogram.

Editor: Budi Adriansyah