Pemkab Bintan Jamin Stabilitas Harga dan Ketersediaan Pangan ‘Ramadhan-Idul Fitri’

Bintan, cMczone.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, melalui Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Bintan, menyatakan komitmen penuh dan memastikan stabilitas harga dan ketersediaan pangan di Kabupaten Bintan jelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setda Bintan Asy Syukri, usai mengikuti ‘Rapat Koordinasi Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional’, Selasa (15/3/2022).

Menurut Syukri, salah satu cara yang harus dilakukan dengan menyeimbangkan antara ketersediaan barang dan permintaan pasar, sehingga, tidak terjadi gejolak yang akan menimbulkan kelangkaan hingga rentan menimbulkan kenaikan harga.

Baca Juga :   Okmart Menghadirkan Produk Jewelery Berlapis Emas 24k

“Dalam rakor tadi, semua semua sektor saling berkomitmen dan siap menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Kita saling support dan terus berkoordinasi. Semua tentu, untuk kenyamanan masyarakat yang belakangan sering khawatir dengan lonjakan harga,” ungkap Syukri.

Diketahui, lanjut Syukri, bahwa sejak sepekan terakhir, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Bintan sering melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa swalayan dan supermarket untuk memantau kondisi harga secara langsung. Hingga hari ini, semua pantauan masih dalam kondisi normal.

Hal senada juga disampaikan oleh Setia Kurniawan, selaku Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan pada Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Bintan, yang juga turut menghadiri Rakor.

Menurut Setia, upaya sidak yang dilakukan untuk menghindari adanya hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :   Akumulasi PDB Peternakan 2015 – 2018 Meningkat Rp 18,2 Triliun

“Kami, turun bersama Satgas Pangan dari Ekonomi, ada dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dari Ketahanan Pangan dan lainnya. Kami cek semua di beberapa lokasi. Tujuannya, untuk memastikan dan tidak hanya melihat laporan saja,” jelas Setia.

Ke depannya, lanjut Setia, Pemkab Bintan berencana akan menggelar Operasi Pasar dan Pasar Murah sebagai bentuk pemenuhan bahan pokok bagi masyarakat yang memang membutuhkan.

“Hal ini juga, sempat disampaikan oleh Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, beberapa waktu lalu usai melaksanakan salah satu kegiatan,” tutup Setia.

Editor: Budi Adriansyah