Diskominfo Kota Tanjungpinang ‘Pelajari’ Aplikasi SIAP Made in Diskominfo Kepri

cMczone.com – Aplikasi Sistem Informasi Aktivitas Presensi (SIAP), yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dilirik oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, untuk mengembangkan aplikasi serupa, seperti SIAP Kepri.

Pemko Tanjungpinang, melalui Diskominfo Kota Tanjungpinang, yang dipimpin Ruli Friady, mengunjungi langsung Kantor Diskominfo Kepri untuk mempelajari aplikasi SIAP Kepri.

Kedatangan Ruli Friady dan jajarannya, diterima langsung Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan, di Ruang Rapat Diskominfo Kepri, Dompak, Kota Tanjungpinang, Rabu (6/4/2022).

Aplikasi SIAP Kepri, merupakan aplikasi yang digunakan Pegawai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, untuk melakukan presensi.

Presensi melalui aplikasi SIAP, dilakukan pegawai menggunakan gawai di Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Pegawai juga wajib melakukan Swafoto saat melakukan Presensi SIAP.

Baca Juga :   Anggota Satgas TMMD Melakukan Komsos Dengan Pengusaha Heuler Berjalan

Hasan menyebutkan, Aplikasi SIAP Kepri merupakan upaya Pemprov Kepri untuk memastikan pegawai yang bekerja di Pemprov Kepri, selalu disiplin dalam melakukan absensi sehari-hari di hari kerja.

“Dengan sistem yang berbasis aplikasi dan online, maka presensi para pegawai bisa kita pantau langsung dan hasilnya akurat. Ini, meningkatkan kedisiplinan pegawai secara signifikan,” ujar Hasan.

Sementara Ruli Friady menyampaikan, bahwa Pemko Tanjungpinang, akan menggunakan sistem presensi yang serupa dengan yang diterapkan oleh Pemprov Kepri, dengan memakai Aplikasi SIAP.

Hal ini merupakan instruksi langsung dari Walikota Tanjungpinang Rahma, yang menginginkan Pegawai Pemko Tanjungpinang lebih disiplin dalam absensi.

“Kami melihat, Aplikasi SIAP ini sangat bagus digunakan, jadi kami memang bermaksud bekerjasama dengan Diskominfo Kepri untuk mengembangkan aplikasi ini untuk Pemko,” ujar Ruli.

Baca Juga :   Mengantisipasi Terjadinya Banjir Bupati Rohil Intruksikan Dinas LH Lakukan Normalisasi Dikepenghuluan Bagan Jawa.

Menanggapi hal itu, Hasan mengungkapkan, siap memberikan bantuan teknis pengembangan Aplikasi SIAP, agar Pemko Tanjungpinang bisa segera menerapkan presensi berbasis aplikasi dan online.

“Kami dari Pemprov Kepri, selalu siap membantu kabupaten dan kota jika mau saling bekerjasama mengembangkan sistem digitalisasi pemerintahan yang lebih baik lagi ke depannya,” pungkas Hasan.

Editor: Budi Adriansyah