Safari Ramadhan di Masjid Baitul A’la, Ansar Ahmad Beberkan Program Pemprov Kepri

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, meminta masyarakat Kepri, terkhusus masyarakat Kota Batam, untuk tetap istiqomah dalam menjalankan pengabdian sebagai hamba Allah SWT. Apalagi di tengah cobaan berupa pandemi selama 2 tahun terakhir.

“Sebagai hamba-Nya, kita diperintahkan untuk konsisten dalam beribadah. Apa pun bentuknya, rintangan akan selalu saja ada. Yang penting, kita kuat menghadapi dan tetap istiqomah,” kata Ansar, saat melakukan Safari Ramadhan di malam ke-12 di Masjid Baitul A’la, Perumahan Aviari, Batuaji, Kota Batam, Rabu (13/4/2022).

Dijelaskan Ansar, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri telah memprogramkan kegiatan dan menganggarkan sebesar Rp. 4 miliar untuk pembinaan masyarakat melalui para dai dan ustadz yang ditempatkan di daerah-daerah hinterland dan pesisir yang ada di Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepri.

Baca Juga :   Safari Ramadhan di Pengujan, Dewi Kumalasari Pantau Keadaan Sosial Masyarakat

“Tujuannya, agar masyarakat mendapat pembinaan keagamaan, terutama aqidah dan semangat pemahaman keislaman,” ujar Ansar.

Ansar juga meminta, agar Biro Administrasi Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) segera mendata setiap proposal masjid dan mushalla yang ada di pesisir, agar bisa diprioritaskan untuk dibantu.

“Kita mau, agar performence setiap masjid di pesisir bagus-bagus dan lebih representatif untuk beribadah. Karena masjid adalah jantungnya umat,” kata Ansar.

Tidak ketinggalan, Ansar juga membeberkan rencana program rumah singgah di Jakarta yang nantinya bisa digunakan untuk masyarakat Kepri yang akan berobat ke Jakarta.

Rumah singgah yang dimaksud Ansar adalah Kantor Penghubung di Jakarta. Nantinya akan dialihfungsikan menjadi rumah singgah, agar bisa membantu masyarakat.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Lepas JCH Himpunan Keluarga Serasan

“Kita juga akab siapkan ambulance dan makanan, agar keluarga yang berobat dapat menghuni rumah singgah, terutama jika keadaan kita tidak ada sanak saudara di sana,” terang Ansar.

Di samping itu, untuk pemulihan ekonomi dari sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Ansar menyarankan, agar masyarakat memanfaatkan program pinjaman lunak UMKM dengan bunga 0 persen, karena seluruh bunga pinjaman di tanggung oleh Pemprov Kepri. Melalui program ini, pelaku UMKM cukup membayar pinjaman pokok  saja.

“Agar UMKM bisa bangkit kembali. Dan di tahun ini kita menyiapkan peralatan UMKM yang dapat meningkatkan daya tahan produk makanan,” jelas Ansar lagi.

Hal lainnya, Ansar juga membahas program beasiswa mahasiswa dan bantuan sekolah hingga rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan.

Baca Juga :   Ansar Ahmad: Ibadah Qurban adalah Keikhlasan, Ketaatan, Pengabdian dan Kecintaan kepada Allah SWT

Hal serupa juga disampaikan kembali oleh Ansar, saat melakukan Safari Subuh di Masjid Al-huda, Perumahan Rajawali, Kota Batam, Kamis (14/4/2022).

Editor: Budi Adriansyah