Berita  

H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Bersama UPTD BLK Payakumbuh, Kembali Buka 4 Kelompok Pelatihan Berbasis Klaster kompetensi

cmczone.com- Rangkaian Pelatihan berbasis Klaster kompetensi dengan Instruktur bersertifikasi Nasional yang digelar UPTD-BLK Payakumbuh kembali dibuka, bertempat di Kelurahan Parik Muko Aia Kecamatan Lamposi Tigo Nagari Kota Payakumbuh, Sabtu 21 Mei 2022.

Ada 4 Pelatihan yang resmi dibuka pada session 2 ini, dengan rincian, sbb :
1. Pelatihan Menjahit Pakaian Wanita Dewasa dengan Jam Pelatihan (JP) 280 jam dengan durasi selama 35 Hari. Pelatihan ini akan digelar di Jorong Kapalo Koto, Nagari Koto Tangah Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota, dengan peserta 16 orang.
2. Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue, 20 Hari (160JP), Kelurahan Payolansek Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, dengan peserta 16 orang.
3. Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue, 20 hari (160JP), Kelurahan Parik Muko Aia Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh, peserta 16 orang.
4. Pelatihan Tata Rias Kecantikan, 30 Hari (240JP), Kelurahan Padang Tongah Balai Nan duo , Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, Peserta 16 Orang.

Pelaksanan Pelatihan pelatihan tersebut merupakan Kerjasama DPRD Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan Oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat yang bersumber dari Pokok Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Gerindra H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo.

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dalam keterangannya mengatakan : ” Pembukaan Pelatihan-pelatihan menjadi tanda dimulainya transfer ilmu berbasis Klaster Kompetensi dari Instruktur UPTD-BLK Payakumbuh Yang bersertifikasi Nasional kepada Ibu-ibu peserta Pelatihan dari 4 Kelompok ” ujarnya.

” Kami di DPRD Provinsi sebagai Perwakilan Masyarakat Dapil V (Payakumbuh-Limapuluh Kota) khususnya, akan senantiasa mendengar dan Menyerap Aspirasi dari Reses-reses Kami pada tahun sebelumnya dan Alhamdulillah sebagian sudah bisa dilaksanakan hari ini ” tukuknya.

” Kami berpesan Kepada Ibu-ibu peserta yang akan melaksanakan pelatihan, sungguh-sungguh lah dengan kemauan yang kuat untuk menyerap ilmu dari masing masing Instruktur, sehingga Kedepan Ilmu yang didapat bisa digunakan untuk menciptakan kemandirian ekonomi, minimal membantu menopang ekonomi keluarga ” pungkas H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dihadapan para peserta pelatihan.

Baca Juga :   Dugaan Penyelewengan Pupuk Bersubsidi di Kab. Limapuluh Kota Bikin Petani Kelimpungan, APH Diminta Turun Tangan

Kepala UPTD-BLK Payakumbuh, Patrianus Syahid (Nanang) yang hadir dalam kesempatan Pembukaan Pelatihan tersebut mengatakan : ” Kami di UPTD-BLK Payakumbuh merupakan Organ dari Disnaker-Trans Provinsi Sumatera Barat Siap untuk Mensukseskan Pelatihan-pelatihan ini, Kami akan senantiasa Siap untuk mentransfer ilmu yang berbasis Klaster Kompetensi berdasarkan Kejuruan masing-masing. Untuk 4 Pelatihan ini kami sudah menyiapkan 4 orang Instruktur yang bersertifikasi Nasional. Karena Ini merupakan Progul (Program Unggulan), Kami berpesan kepada para peserta untuk supaya sampai tuntas menerima Pelatihan dari Kami ” pungkas Kepala UPTD-BLK Payakumbuh, Patrianus Syahid yang hadir bersama rombongan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Payakumbuh Yunida Fatwa, yang diwakili oleh Buk ad dalam keterangannya mengatakan : ” Kami di Disnakertrans Payakumbuh berterima kasih kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo yang senantiasa bersedia ikut membina warga Kota Payakumbuh terutama Tenaga Kerja Pasive income (Wanita) kami untuk menerima Pelatihan Pelatihan. Banyak kami dapat Informasi dari Peserta Pelatihan sebelumnya yang di bina oleh UPTD-BLK melalui Pokir Pak Datuak Bijo, sekarang sudah mulai mandiri dan bisa membantu ekonomi keluarganya” pungkasnya.

Baca Juga :   Disapa Angin Sejuk Puncak Bukik Soriak, RKN Bersilaturahim Dengan Niniak Mamak Sarilamak dan Tarantang

Dalam Pembukaan sebagai tanda akan dimulainya pelatihan session 2, dihadiri juga oleh Perwakilan dari masyarakat Jorong Kapalo Koto Nagari Koto Tangah Simalanggang, Yakni Kepala Jorongnya Irman Chaniago, selanjutnya tampak hadir Kepala Kelurahan Parik Muko Aia dan tentunya Perwakilan dari 4 Kelompok peserta Pelatihan.

Pelatihan-pelatihan tersebut direncanakan akan dimulai Senin, 23 Mei 2022.

Penulis : Soe-crie