Berita  

Harimau Terkam Anjing Warga Di Solok, BKSDA Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

cMczone.com- Harimau Sumatera atau yang dikenal dengan nama latin panthera tigris sumatrae, muncul di kawasan pemukiman warga di Lubuk Selasih, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Ardi Andono mengatakan penampakan Harimau Sumatera itu diketahui berdasarkan informasi dari Wali Nagari Batang Barus pada Senin 20 Juni 2022 kemarin dimana seekor anjing juga dilaporkan turut dimangsa.

Berdasarkan verifikasi Tim di lapangan, ditemukan jejak harimau di luar kawasan hutan atau konservasi berikut seekor anjing milik warga bernama Pian yang mati pada 18 Juni 2022 sekitar 23.00 WIB. Yang diduga, anjing itu mati dimangsa harimau.

Baca Juga :   Miris, Salah Satu Pusat pendidikan Agama Dimuara Madras Mts Tahzibatul Islamiyah, Akhir-Akhir Ini Mengalami Pasang Surut Terancam Tidak Aktif

Berapa ekor jumlah Harimau yang berkeliaran tersebut, Ardi mengatakan masih didalami dan saat ini sudah masuk dalam proses identifikasi.

Ardi juga menyatakan untuk saat ini warga diimbau agar tidak keluar rumah sendirian pada malam hari jika tidak ada keperluan mendesak.

Bahkan kepada Wali Nagari/Kepala Desa setempat juga telah diminta untuk sementara waktu melakukan pengusiran atau penghalauan secara mandiri, dengan melakukan bunyi-bunyian menggunakan meriam karbit.

(pache)