Jangan Terlewat, Festival Budaya Pacu Jawi 2022 Payakumbuh Dimulai

Cmczone.com– Atraksi Budaya paling populer di masyarakat Minang, Pacu Jawi (Balapan Sapi), kali ini akan digelar di Ikua Koto Dibalai Lingkungan Taruko Kota Payakumbuh dari 4-5 Juli 2022.

Acara yang disponsori oleh Dinas Pariwisata Sumbar dengan menggandeng Event Organizer (EO) Madina Cipta Kreasi ini rencananya akan dimeriahkan juga oleh penampilan Saluang Oyak di hari pertama.

Pacu Jawi merupakan permainan tradisi turun temurun-temurun yang dilaksanakan sebagai acara puji syukur dan terima kasih seusai panen padi. Berbeda dengan Karapan Sapi yang berasal dari tradisi Madura, Pacu Jawi memiliki filosofi tersendiri, yaitu menggambarkan pemimpin dan rakyat dapat berjalan bersama.

Baca Juga :   Bersumber dari APBN, UPTD-BLK Payakumbuh Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi di Gedung Workshop

Inilah mengapa sapi yang digunakan dalam Pacu Jawi berjumlah 2 ekor dan pemenangnya pun tidak ditentukan siapa yang paling cepat, namun siapa yang berlari lurus itulah yang akan memperoleh nilai yang tertinggi.

Biasanya khusus Pacu Jawi di Payakumbuh, atraksi nya memiliki khas yang tersendiri pula, disebut Pacu Jawi Batali Sikek yang tidak akan ditemukan di daerah lainnya, karena pada saat pacuannya menggunakan sapi betina produktif yang tidak ditunggangi oleh joki melainkan joki yang mengikuti irama saat sapi tersebut berlari.

Tentunya tradisi menarik yang mampu memikat masyarakat disegala kalangan bahkan memiliki nilai yang tinggi untuk menjadi wisata international ini menjadi wajib untuk mendapat apresiasi dan suport positif seluruh masyarakat.

Baca Juga :   Terkuak ! Modus F berbekal Chat WA dengan Pimred-nya Untuk Paksa EO Berikan Pariwara Dan Nama F Pun Tidak Tercantum Didalam Box Redaksi

(Pache)