Berita  

H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Bagikan Bantuan Bibit Alpukat Ijo Panjang Dan Ijo Bundar Untuk 17 Ha Lahan

Cmczone.com- Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Gerindra, H.Nurkhalis Dt Bijo Dirajo membagikan bibit alpukat unggul dengan brand ijo panjang dan ijo bundar kepada 4 kelompok tani yang tersebar di Kabupaten Limapuluh Kota, kamis 04 agustus 2022.

4 kelompok tani penerima, sbb :

1.Kelompok tani Lereng Indah, Lareh Sago Halaban, luas lahan : 5 ha, jumlah bibit : 500 batang.

2.Kelompok tani Tampang Kayo, Nagari Halaban, Kecamatan Lareh Sago Halaban, luas lahan : 5 ha, jumlah bibit : 500 batang.

3.KWT Balta, Nagari Balai Talang Kecamatan Guguak, luas lahan : 3 ha, jumlah bibit : 300 batang.

4.KWT Bundo Saiyo, Nagari Situjuah Banda Dalam, luas lahan : 4 ha, jumlah bibit : 400 batang.

Baca Juga :   Kasatpol PP Bungo Dimintai Ketetangan di Polres, Kasus Oknum Pegasus yang Menghalangi Jurnalis

Dalam rangka pembagian bibit alpukat tersebut dipusatkan di BPP (balai penyuluh pertanian) Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

H.Nurkhalis Dt Bijo Dirajo didampingi dinas tanaman pangan perkebunan dan holtikultura Provinsi Sumatera Barat yg diwakili oleh ibu Risa, serta Dinas Pertanian Kabupaten Limapuluh Kota yang diwakili oleh ibu Wati dalam pembagian bibit untuk 4 kelompok tani tersebut.

dalam keterangan kepada media, H.Nurkhalis Dt Bijo Dirajo menyatakan :

“Idealnya pohon alpukat berbuah diusia 3 tahun dari bibit perbanyakan secara vegetatif (okulasi, sambung, tempel). beberapa pengalaman kami, di dataran tinggi mampu berbuah lebih cepat sekitar usia 2 tahun, dan ketika ditanam didataran rendah rata-rata diusia 4 tahun. hal itu juga tidak lepas dari cara kelompok merawat pohon alpukat tersebut.

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Spt , Reses Selama 8 hari di Dapil V

Selain memiliki sifat genjah atau mudah berbuah, alpukat ijo panjang dan ijo bundar juga dikenal memiliki tingkat produktifitas yang tergolong tinggi. dalam satu tahun, tanaman alpukat ijo panjang dan ijo bundar bisa tiga kali panen. untuk satu kali panen, satu pohon bisa hasilkan 70 kg–100 kg buah alpukat ijo panjang atau ijo bundar.

Tentu setiap jenis alpukat memiliki tingkat produktivitas yang berbeda-beda. Pohon alpukat akan menghasilkan buah sekitar 30kg-75kg setiap pohonnya diusia 3 tahun. Dan setiap tahunnya akan bertambah sekitar 30% -50% dari hasil sebelumnya, misal diusia 3 tahun menghasilkan 50kg, perkiraan saat usia 4 tahun mampu menghasilkan buah minimal 65kg sampai 75kg dan progress kuantitas buahnya akan bertambah setiap tahun,” Tutur H. Nurkhalis Dt Bijo Dirajo S.Pt

Baca Juga :   Detik-detik Debt Collector Hadang Mobil Aiptu FN Sebelum Insiden Cekcok Penembakan dan Penusukan

Pengadaan bantuan bibit alpukat ijo panjang dan ijo bulat merupakan aspirasi masyarakat yang diserap melalui reses tahun 2021 yang lalu.

Pembiayaan bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat c/q pokir Anggota DPRD H.Nurkhalis Dt Bijo Dirajo S.Pt