Ikuti Pawai Budaya, Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang Hadirkan Sisingaan

cMczone.com – Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang mengikuti kegiatan tahunan Pawai Budaya di Tepi laut yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, Sabtu (3/9/2022. Kegiatan tahunan ini kembali digelar setelah kurang lebih 3 tahun absen karena pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang Kang Saeful Mukkarom, kegiatan ini adalah salah satu bentuk sinergitas antara Pemko Tanjungpinang dengan paguyuban/suku/etnis yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Salah satunya adalah kita, di mana Warga Pasundan Kota Tanjungpinang ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan Pawai Budaya ini,” ungkap Kang Saeful.

Tim Pawai Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang disiapkan dengan matang, kata Kang Saeful, di mana satu hari sebelumnya sudah dilaksanakan rapat dan penyiapan pernak pernik, kostum dan kelengkapan Pawai.

Baca Juga :   Tingkat kesadaran masyarakat, Kecamatan Penengahan kurang mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19

Kang Saeful melanjutkan, acara ini juga dikemas oleh Pengurus Paguyuban Pasundan, Wanoja, Ponggawa, Viking, Sanggar Seni Paraguna, Gempas, XTC dan Pasundan Fishing Club.

“Akang, Teteh dan Barudak Sunda bercampur baur memeriahkan kegiatan tersebut dengan berbagai macam atribut dan kostum yang dipakai, ada Sisingaan, Penari Merak, Calung, Angklung, Dogdog, Jampana, Tokoh Pewayangan Gatot Kaca, Semar, Petruk dan lain sebagainya,” ujar Kang Saeful.

Terlihat Masyarakat Sunda tumpah ruah ikut hadir dalam kegiatan tersebut, yang menarik pada acara tersebut dengan hadirnya Tim Sisingaan, yang mana Walikota Tanjungpinang Rahma, serta Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdullah, ikut menaiki Sisingaan dan berjoget bersama diiringi musik Khas Sunda.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Ajak Masyarakat Karimun Merefleksikan Al-Qur'an

“Tari Sisingaan ini merupakan budaya khas Kabupaten Subang dan hanya ada 1 di Kota Tanjungpinang di bawah naungan Sanggar Seni Paraguna Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang,” kata Kang Saeful.

Sementara itu, Kolonel Inf Ari Suseno, yang saat ini menjabat sebagai Dandim Kota Poso juga selaku Pembina Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus serta Warga Pasundan Kota Tanjungpinang yang telah menyelenggarakan dan memeriahkan acara tersebut.

“Semoga Paguyuban Pasundan Kota Tanjungpinang tetap jaya,” tutur Ari.

Pawai Budaya ini dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Tanjungpinang, Institusi Pemerintah/Lembaga, Universitas, SLTA, SLTP, LSM serta Paguyuban-paguyuban/suku/etnis yang ada di Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :   Berdalih Kurang Anggaran, Panitia Pilkades Desa Kijang Jaya di Duga Lakukan Pungli

Editor: Budi Adriansyah