Berita  

Punya Profit Bagus, Wabup RKN dan Hardedi Siap Tanam Kaliandra di Taram

Cmczone.com- Tanaman Kaliandra atau “patai-patai” menyimpan manfaat pada setiap batang tubuhnya, sehingga tanaman tersebut memiliki profit atau keuntungan yang banyak, jika dibudidayakan oleh masyarakat.

Prospek Profit mulai dari olahan batang Kaliandra menjadi Pellet/bricket kayu,dapat dijadikan EBT (Energi Baru terbarukan) biomassa yang ramah lingkungan.

Dengan orientasi profit yang baik tersebut, Wakil Bupati Limapuluh Kota, RKN bekerja sama dengan Hardedi akan menindak lanjuti dengan melakukan penanaman Kaliandra di Nagari Taram,

“Menindaklanjuti sosialisasi penanamam Kaliandra, siang kemaren kami berdiskusi dengan tokoh masyarakat Taram sekaligus praktisi pertanian, uda Hardedi. Kami sepakat untuk membuka 50 ha Kaliandra di Nagari Taram. Kawasan tersebut merupakan tanah ulayat keluarga besar beliau yang saat ini tidak produktif” ungkap RKN, Kamis 29 September 2022.

Baca Juga :   Medan Utara Pers Serahkan Bukti-bukti Dugaan Pelanggaran UU Lingkungan Hidup PT. GS, Kepada LSM Formapera

“Pada saat itu juga kami hubungi Semen Padang dan mereka langsung menyanggupi. Insya Allah penyaluran bibit pertama akan dilakukan pada awal bulan Oktober” tukuknya.

“Sebagaimana sudah kami sosialisasikan sebelumnya, penanaman skala luas Kaliandra merupakan proyek besar Semen Padang saat ini. Mereka berencana mengganti kebutuhan 15% batu bara dengan briket dari Kaliandra. Karena itu mereka fasilitasi bibit dalam jumlah tidak terbatas dan membeli hasil nya saat sudah produktif. Hanya butuh 1.5 tahun sejak penanaman hingga tanaman ini bernilai ekonomis” imbuhnya.

“Oleh sebab itu kami mendorong warga untuk memanfaatkan lahan tidak produktifnya. Tanaman ini seperti semak belukar, tidak membutuhkan perawatan khusus. Ayo manfaatkan semua peluang untuk meningkatkan kesejahteraan kita” tambahnya.

Baca Juga :   Selamat Atas Dilantiknya PW IWO Jambi dan Tiga PD IWO Kabupaten Masa Bakti 2023-2028

Selanjutnya Bagi masyarakat yang ingin bertanya lebih lanjut dapat menghubungi Eko Wahyudi, Rusianto DT. Pado, Mulyadi, Buya Yahdi, Iswandi, dan Margespi. Mereka akan membantu warga untuk berkomunikasi dengan Semen Padang” pungkasnya.