Usai Direvitalisasi, Kini Anjungan Kepri di TMII Siap Sambut G20…

cMczone.com – Revitalisasi Anjungan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah rampung dikerjakan.

Kini Anjungan Kepri tersebut, siap menjadi representasi daerah Kepri untuk dikunjungi peserta G20 maupun masyarakat Indonesia setelah diresmikan oleh Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, Kamis, 13 Oktober 2022.

Ansar dalam sambutannya mengatakan, proses revitalisasi Anjungan Kepri di TMII dilakukan untuk menyambut perhelatan G20, di mana Indonesia menjadi presidensi utama G20 dan TMII menjadi salah satu lokasi untuk dikunjungi para delegasi G20.

Adanya Anjungan Kepri pun menjadi salah satu dukungan utama sekaligus menjadi sarana pengenalan Kepri untuk Indonesia dan kalangan mancanegara secara luas.

Baca Juga :   Fadhil Arief Ajak Kaum milenial Membangun Batang Hari

“Berkat adanya kegiatan G20, maka semua aset negara yang berada di sini (TMII) telah direvitalisasi begini indah, dan ini juga salah satu representasi Indonesia di mancanegara di negara-negara yang lain, yang bisa melihat miniatur Indonesia termasuklah Kepri ini,” kata Ansar.

Berdirinya Anjungan Kepri yang telah rampung direvitalisasi di TMII, menurut Ansar dapat menjadi tempat untuk menggelar berbagai kegiatan mempromosikan Provinsi Kepri. Seperti seni pertunjukan, pameran, expo, dan etalase produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kepri agar lebih dikenal.

Ansar pun mengucapkan apresiasinya kepada Bank Bukopin, karena berkat dana tanggung jawab sosial atau Corporatie Social Responsibility (CSR) dari Bank Bukopin maka revitalisasi Anjungan Kepri bisa terwujud.

Baca Juga :   Coffe Morning: Komsos Kodim 0315/Bintan dengan Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Bintan

Meski revitalisasi telah rampung, Ansar menjanjikan akan menambah lebih banyak ornamen Melayu di Anjungan Kepri untuk menambah ciri khas kedaerahan.

“Karena kondisi anggaran berjalan di tengah tahun, maka kita cari CSR-nya dan Alhamdulillah Bukopin berkenan membantu CSR untuk revitalisasi ini, sehingga hari ini kita saksikan bangunan ini sudah selesai,” kata Ansar.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Kepri Endrie Djoko Satrio mengungkapkan, setelah dua tahun tutup akibat Pandemi Covid-19, mulai November 2022 TMII mulai dibuka kembali. Anjungan Kepri pun siap mendukung seluruh kegiatan yang digelar di TMII utamanya dalam perhelatan G20.

Tidak hanya revitalisasi Anjungan Kepri di TMII, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri tengah merenovasi kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi Kepri untuk menjadi rumah singgah di Jakarta bagi masyarakat Kepri yang sedang berobat rujukan di Jakarta. Rumah singgah tersebut akan dilengkapi dengan empat puluh tempat tidur dan fasilitas lift dan ambulans.

Baca Juga :   Kesbangpol Kabupaten Rohil Sosialisasikan Perubahan UU Nomor 17 Tahun 2013 .

Turut hadir dalam pembukaan kembali Anjungan Kepri ini, yaitu Deputi Presiden Direktur PT Bank Bukopin Tbk Roby Mondong, Executive Vice President PT TWC TMII Emiliana Eni Utari, Pimpinan Cabang Bank-Riau Kepri Syariah Jakarta Syahrul, Ketua BP3KR Andalisa Rohana, Ketua KPKRJ Oki Rasman, dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri.

Editor: Budi Adriansyah