Sukses Digelar, Festival Sumpah Pemuda Kepri akan Dimasukkan dalam Kalender Pariwisata…

cMczone.com – Ribuan masyarakat tumpah ruah memenuhi setiap sudut Kota Lama, Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, untuk menyaksikan rangkaian acara Malam Puncak Festival Sumpah Pemuda Ke-94 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun 2022, Jum’at malam, 28 Oktober 2022.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, hadir langsung memberikan pengarahan sekaligus menutup rangkaian acara, beserta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri.

Warna-warni dan berbagai corak bentuk kostum peserta Kepri Young Carnival berjalan beriringan melalui karpet merah sepanjang Kota Lama mengawali Malam Puncak Acara bertajuk ‘Merdeka Berkreasi, Bersatu Bangun Bangsa’ ini.

Perhelatan ini seakan meramaikan kembali area Kota Lama yang sempat terasa sepi beberapa tahun belakangan, terutama selama pandemi Covid-19 melanda.

Baca Juga :   Lanal Batam Laksanakan Tes Rapid Swab Antigen

Ini merupakan event ketiga yang diselenggarakan dengan mengambil venue Jalan Merdeka setelah Festival Kopi Merdeka dan Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 Provinsi Kepri.

Ini sejalan dengan salah satu proyek strategis Ansar dalam mempercantik Kota Tanjungpinang agar bisa benar-benar menjadi ibukota Provinsi Kepri, yakni dengan melakukan revitalisasi Kota Lama, Jalan Merdeka yang sedang berlangsung pengerjaannya.

Tampak bangunan ruko sepanjang jalan sudah dirapikan, di cat dengan berbagai warna, dan trotoar yang rapi tanpa ada kabel-kabel berseliweran.

Ansar dalam sambutannya pun menyampaikan rasa bahagia dan suka citanya dapat merayakan Peringatan Sumpah Pemuda bersama semangat para pemuda Kepri dengan level acara yang wah dan meriah.

“Saya merasa bahagia dan bersukacita dapat merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sejak saya kecil sampai saat ini. Ini merupakan yang terbesar yang dilaksanakan di Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang khususnya,” ungkap Ansar.

Baca Juga :   TAK MAU KALAH, MUNJIAH PERCANTIK AKSES KELOKASI RTLH KARANG JAMBU

Kemudian, Ansar menyampaikan apresiasinya kepada panitia pelaksana kegiatan yang mempersiapkan acara ini dengan maksimal. Menurut Ansar, event ini akan dievaluasi dan dilaksanakan kembali tahun depan.

“Kemudian, kita masukkan ke dalam kalender pariwisata internasional Kota Tanjungpinang. Mudah-mudahan dengan kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kota (Pemko) serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Se-Kepri bisa mengakselerasi lajunya pembangunan,” ujar Ansar.

Ansar pun mengutip kata-kata yang pernah diucapkan oleh Franklin D. Roosevelt ‘We cannot always build the future for our youth, but we can build our youth for the future’ (Kita tidak bisa selalu membangun masa depan untuk pemuda kita, tetapi kita dapat membangun pemuda kita untuk masa depan).

Baca Juga :   Oknum Petinggi BUMN Pacu Cepat "Panjat" Tender Kilang Olefin TPPI, CERI; Wamen Diklarifikasi Bungkam

“Yang sampai saat ini, menjadi semboyan semangat pemuda untuk berkarya membangun kreativitas. Di era revolusi 4.0, saya ingin pemuda mampu bersaing di berbagai bidang digital. Untuk itu program digitalisasi daerah akan terus kita dorong,” kata  Ansar.

Usai memberikan pengarahan, Ansar bersama pimpinan Forkopimda Kepri berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada para pemenang berbagai lomba, baik offline maupun online sebagai bagian dari festival.

Acara pun dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Wonderland Indonesia oleh Sanggar Tari Kreasi Guru Bintan Timur dan di akhiri dengan pembacaan Gurindam, penampilan Muhammad Wiratama Riswanto, Siswa SLBN 1 Tanjungpinang, serta diakhiri penampilan beberapa artis ibukota, di antaranya Novi Ayla, Dahlia KDI, serta Rini Andriyani.

Editor: Budi Adriansyah