Kemeriahan Perayaan Imlek panipahan di penuhi dengan lampion di sepanjang jalan.

Cmczone.com – panipahan – Kemeriahan perayaan Imlek bagi masyarakat Tionghoa di Panipahan saat ini mulai terlihat, termasuk di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau. Saat ini berbagai persiapan dalam menyambut Imlek telah dilakukan warga, khususnya hiasan lampion yang menghiasi rumah dan sudut-sudut jalan daerah ini.

Terlihat, di sejumlah titik jalan sudah terlihat lampion-lampion, seperti di Jalan Bakti menuju pelabuhan kemudian di jalan Bijaksana dan juga di jalan Tenaga. Saat siang hari sepanjang jalan tersebut terlihat warna khas yang memerah, serta saat malam hari terlihat terang dengan ribuan lampion.

Salah seorang warga, pemilik kedai kopi Apeng menuturkan, secara rutin setiap tahun warganya membuat lampion saat perayaan imlek. Lampion-lampion itu dipasang di rumah. Selain itu juga disiapkan kue dan perlengkapan lainnya menjelang perayaan imlek yang jatuh pada Jum’at 22 januari 2023.

Baca Juga :   lrwasda Polda Sumut Tutup Pertandingan Badminton TNI-Polri di Gedung PBSI Medan

“Setiap tahun selalu kami buat. Selain itu, lampion itu selalu ada dalam setiap perayaan imlek,” ujar warga Tionghoa Panipahan.

Kelinci air adalah shio Imlek 2023. Masyarakat Tionghoa percaya jika kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Maka dari itu, tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan. imlek terhitung dari tanggal 1 hingga 15 kalender Tionghoa.

Menurut pantauan cmczone.com di lapangan bukan saja hanya menghias jalan dengan lampion atau menghias rumah. Warga juga terlihat memadati sejumlah salon dan yang ada di Panipahan.

Jurnalis : Mardani dan Mustari