Hj.Yunisra Syahiran Gandeng BLK Payakumbuh Buka Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue di Koto Baru Luak Nan Duo

Cmczone.com- Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hj.Yunisra Syahiran, S.Pd dari Fraksi Partai Gerindra membuka secara resmi dimulainya Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue di Nagari Koto baru, Kecamatan Luak Nan Duo, Kab.Pasaman Barat, Selasa, 14 Februari 2023.

Pelaksanaan Latihan Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Kejuruan Processing Bidang Pembuatan Roti dan Kue dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar melalui Unit Pelaksana Tekhnis Dinas Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Payakumbuh.

Selama 20 hari (160 JP) sebanyak 16 peserta akan mendapatkan pelatihan tentang pembuatan roti dan kue, dalam hal ini para peserta akan mendapatkan pelatihan dari Instruktur Bersertifikasi Nasional, Pipit Megawati.

Hj.Yunisra Syahiran, S.Pd (Yuni) merupakan satu satunya perempuan diantara 9 orang yang terpilih menjadi Anggota DPRD Sumbar dari Dapil IV (Pasaman-Pasaman Barat).

Baca Juga :   Oknum Kepala Desa di Kecamatan Bunut Kab.Pelalawan Diduga Kuat Melakukan Perbuatan Asusila di Ruang Kerjanya

Sebagai perwakilan perempuan yang beruntung terpilih, Hj.Yunisra Syahiran, S.Pd tentu akan menitik beratkan hak pokirnya pada pembinaan dan peningkatan Kompetensi perempuan khususnya.

“Tahun ini kita ada 7 pelatihan yang tersebar di Kabupaten Pasaman Timur dan Kabupaten Pasaman Barat, bidangnya menjahit dan pembuatan roti dan kue,” ungkap Ibu Yuni.

Selanjutnya Hj, Yunisra Syahiran, S.Pd menambahkan, pelatihan ini merupakan serapan aspirasi dari reses kita tahun lalu (2022) dan sekarang (2023) sudah bisa kita laksanakan.

“Kita berharap dengan membina untuk meningkatkan keterampilan kaum pasif income (perempuan) dapat hendaknya para perempuan/istri dalam kemandirian ekonomi keluarga,” pungkas Bu Yuni.

Mewakili Kadisnakertrans, Sekretaris Disnakertrans Sumbar, Rini Yuliet, SP, dalam kesempatan tersebut mengatakan, pelaksanaan pelatihan berdasarkan Klaster Kompetensi Bidang Pembuatan Roti dan Kue akan dilaksanakan oleh Nomenklatur dibawah Disnakertrans Sumbar, yaitu UPTD BLK Payakumbuh.

Baca Juga :   Bupati Sambangi Gebyar Vaksinasi, DINKES: Insyaallah Optimis Capai Target Vaksinasi

“Kami menghimbau kepada peserta (16 orang) untuk bersungguh sungguh selama 20 hari kedepan dalam menerima transfer kompetensi berupa pelatihan pembuatan roti dan kue dari Instruktur kami, sehingga ilmu yang di ajarkan bisa terserap dengan maksimal, hingga Misi Gubernur Sumatera Barat untuk menciptakan 100 ribu Enterpreneur bisa dicapai.

“Program pelatihan ini juga selaras dengan Visi Gubernur Sumbar, yaitu Terwujudnya Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan,” Tutur Sekretaris Disnakertrans Sumbar.

Kepala UPTD BLK Payakumbuh, H.Satri Edi, S.Sos diwakili Kasubag TU dan Kasi Pelatihan menerangkan secara singkat tutorial selama mengikuti pelatihan, seperti hal hal yang terkait dengan :

1. Tata cara pelatihan.
2. Pelaksanaan durasi pelatihan setiap hari.
3. Ketentuan jam masuk dan pulang.
4. Hak dan kewajiban peserta Pelatihan.

Pada kesempatan yang sama, Kadisnaker Pasaman Barat diwakili Kabid Yulhemapiko menyampaikan :

Baca Juga :   VIDEO: Horor Perampokan Bank di Lampung, Tiga Orang Tertembak

“Disaat minimnya pelatihan pelatihan untuk pembinaan Tenaga Kerja kita di Pasaman Barat, kami dari Pemkab (Pasaman Barat) mengucapkan terima kasih kepada ibu Yuni yang telah bersedia menitipkan Pokir (Pokok Pokok Pikiran) nya untuk menambah khazanah keterampilan tenaga tenaga kerja kita dan tak lupa kami juga mengucapkan terima kepada Disnakertrans Sumbar melalui BLK Payakumbuh selaku Pelaksana Kegiatan Pelatihan Ini,” imbuhnya.

Senada dengan Kabid, Camat Luak Nan Duo dan Wali Nagari Koto Baru.

“Kepada peserta pelatihan kami menghimbau untuk serius dan bersungguh dalam menerima transfer ilmu berbasis Kompetensi dari Instruktur BLK Payakumbuh, hingga ilmu yang didapat nantinya bisa dipergunakan untuk kemandirian ekonomi Keluarga, seperti membuka usaha sendiri ataupun bergabung dengan Pelaku Industri,” ungkapnya.

 

 

 

(Soe-crie)