Berita  

Taeh Bukik Barolek Godang, 34 Pangulu di Lewakan ka Balerong

Cmczone.com- 34 Pangulu Salingka Nagari Taeh Bukik Kecamatan Payakumbuh dilewakan ka Balerong/Balairung/Balai, Rabu 19 Juli 2023.

Sejak Pagi Arak iriang sepanjang ± 1 Kilometer mengular mulai dari Jorong Pogang menuju Kantor Balai Adat Nagari Taeh Bukik yang berada di Jorong Bukik Topuang.

Dalam Arak iriang, didepan sekali berbaris rapi 34 Pangulu (Datuak) yang akan dilewakan Ka Balerong, Baju hitam dengan Saluak badeta Lakek dikapalo mencerminkan Wibawa Pangulu/Datuak yang memimpin Kamanakan.

Berturut-turut dalam Arak Iriang yang ditingkahi Calempong tersebut ikut mengiringi Rombongan Bundo Kanduang, Imam dan Dubalang.

Dibelakang “Ring 1”, Ibu ibu “manjunjuang Talam” lengkap penganan khas Minangkabau “sumringah” dalam balutan Seragam adat Warna warni Khas Minang Kabau.

Baca Juga :   Beni Murdani,SE , Legislator PKS Asal Nagari Batu Balang Dukung Penuh Trofeo tour Semen Padang FC Yang Dimulai Sore Ini

Menyusul Kelompok Kesenian Calempong yang mengalun sepanjang jalan, lalu Barisan Anak Kamanakan melengkapi Arak iriang “Sakral” pagi itu.

Sesampainya di Balerong Nagari Taeh Bukik Arak iriang disambut dengan Tari Pasambahan sebelum dipersilahkan menempati “singgasana” masing-masing Pangulu didalam sebuah tenda Godang/besar.

Prosesi Adat lengkap yang dilaksanakan KAN (Kerapatan Adat Nagari) Taeh Bukik merupakan Puncak Acara Malewakan 34 Pangulu baru ka Balerong/Balai adat, setelah sebelumnya berbagai prosesi Penunjukan “Kapalo suku” yang diputuskan melalui Musyawarah Mufakat dalam kaum, Bulek Aia dek pambuluah, bulek kato dek Mufakat.

Malewakan 34 Pangulu baru melengkapi 51 Penghuni Balai adat/Balerong yang sudah dilewakan sebelumnya.

Arak iriang “bagalanggang mato nan rami” merupakan salah satu pesan kepada Anak Kamanakan Salingka Nagari Taeh Bukik bahwa telah diangkat “Raja” baru yang akan memimpin Kamanakan dalam kaum masing masing, Ibaratnya Pangulu pangulu tersebut akan menjadi “Datang tampek batanyo, Pulang tampek babarito” ( Datang untuk bertanya, Kembali sebagai tempat mengabarkan.red).

Baca Juga :   Erizal Chaniago Calon DPR-RI Dapil Sumbar 2 Kampanye Gembira dan Kuliner Gratis

2 dari 34 Pangulu, Soni Kurniawan Dt.Montiko Bosa dari Pasukuan Kutianyia dan Alan Pratama Dt.Paduko Sanso dari Pasukuan Singkuang yang berhasil di wawancarai awak media mengatakan,
“Kami hari ini dilewakan ka Balerong/Balai adat Nagari Taeh Bukik dalam rangka mengemban Amanah dari Mufakat Kaum” ungkap mereka.

“Alhamdulillah Acaranya lancar” tukuk mereka.

Dibalai Adat ke 34 Pangulu disambut Ketua KAN Taeh Bukik, Arwin Mazni Dt.Sati Gindo Malano yang didampingi Ketua LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) Kabupaten Limapuluh Kota, Zulhikmi Dt.Suaro.