Berita  

PetroChina dan Pemkab Tanjabtim Sepakat Lanjutkan Pembangunan Jalan Mendahara

Tanjabtim, cMczone.com – Setelah sempat memanas hubungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan PT Petrochina Jabung Ltd, sekarang kembali membaik. Hal ini ditandai dengan Penandatanganan MoU atau kesepakatan bersama tentang lanjutan pembangunan ruas jalan ke Mendahara.

MoU ditandatangani langsung oleh Bupati Romi Hariyanto dan Vice Presiden HR & Relations Dencio Renata Boele, di kantor Bupati, Jumat (18/8/2023) siang.

Dalam MoU dijelaskan bahwa Petrochina setuju untuk melanjutkan pembangunan ruas jalan ke Mendahara. Total yang akan dikerjakan sepanjang enam kilometer. Tiga kilometer melanjutkan ruas yang saat ini sedang dilaksanakan. Dan tiga kilometer sisanya untuk ruas antara simpang empat Blok D ke arah Pandan Lagan.

Baca Juga :   Berbenah, DPP SPI Rombak Jajarannya

Tahun ini sedang berjalan pembangunan rigid beton oleh PetroChina sepanjang 1,9 KM dari simpang empat blok D ke Mendahara. Sedangkan tahun 2021 sudah terbangun rigid beton di ruas yang sama namun dari arah Kecamatan Mendahara sepanjang tiga kilometer.

Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto menyambut baik rencana Petrochina melanjutkan pembangunan jalan rigid beton arah Mendahara. Dalam sambutannya Romi tegas mengatakan bahwa niat baik PetroChina jangan hanya dipandang sebagai kepentingan Pemkab dan masyarakat saja, namun juga kepentingan Petrochina sebagai perusahaan yang berkewajiban memperhatikan dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama bagi warga sekitar perusahaan.

“Kita ingin, semua melihat keseriusan kita untuk sama – sama mendorong percepatan terwujudnya kesejahteraan masyarakat,”kata Romi.

Selanjutnya, selaku kepala Daeah dia menjamin kenyamanan dan keamanan setiap Investasi yang masuk ke daerahnya. Namun dia juga berharap pelaku Investasi Peka terhadap kehidupan warga Tanjabtim.

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt bersama UPTD-BLK Payakumbuh (Kembali) Buka Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue di Jorong Simpang IV Tanjung Pati, Koto Tuo

“Pembangunan ruas jalan itu sebagai wujud nyata perhatian perusahaan pada kebutuhan masyarakat, Pemkab tentu mengapresiasi dan kami berharap sinergi yang baik ini bisa terus menjadi komitmen bersama,”harap bupati.

Romi juga memastikan siap mendukung langkah PetroChina yang akan kembali melakukan Seismik demi menemukan cadangan sumber-sumber minyak dan gas baru di wilayah itu.

“Pasti kita mendukung karena dengan temuan cadangan baru, potensi pendapatan Daerah juga akan meningkat yang akhirnya berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan DBH dan juga melalui program-program kemasyarakatan yang dilaksanakan perusahaan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dencio dalam sambutannya menegaskan bahwa sebagai KKKS pengelola Blok Jabung, yang merupakan salah satu Blok paling produktif, tak menampik bahwa selain kontribusi seluruh personil, dukungan Pemerintah dan masyarakat Tanjabtim sangat membantu Petrochina.

Baca Juga :   Pelayanan Adira Finance Dikeluhkan ? SPI : Jika Ada Melanggar UU Kita Laporkan !

“Sejak hadir di sini pada 2002, kami berkomitmen untuk terus memaksimalkan pengelolaan potensi Migas di daerah ini sebagai kontribusi bagi sinergitas Perusahaan dengan negara dan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,”kata Dencio.

Turut hadir dalam Penandatanganan MoU hari ini, Safe’i, Kepala departemen formalitas & komunikasi SKK Migas perwakilan Sumbagsel.

Kini setelah adanya kesepahaman, di ambilah jalan tengah, bahwa PetroChina tetap melanjutkan pembangunan jalan tersebut menjadi tidak lagi untuk kwantitas tiga kilometer namun enam kilometer di tahun 2024. (One)