Berita  

Festival Adat Kampuang Sarugo, H. Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo : Dalam Rangka Melestarikan Kearifan Lokal

Cmczone.com- Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Gerindra, H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo bersama Masyarakat Kampuang Sarugo (Saribu Gonjong) Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Limapuluh Kota akan menggelar Festival adat, besok Kamis 13 Oktober 2023, mulai Pukul 19.00 WIB.

Festival Adat Sungai Dadok demikianlah nama yang disematkan terhadap Festival yang akan menampilkan Kesenian Tradisional Minang  sudah berbalut dengan Sosiokultural ditengah-tengah masyarakat adat.

Sosiokultural adalah penerapan hukum adat yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat adat. Hukum adat merupakan sistem hukum rakyat khas Minangkabau.

Beberapa Kesenian Tradisional (Minang) yang akan ditampilkan, sbb :
– Pencak Silat
– Kesenian Randai
– Tari Piriang Badarai
– Tabuah Gandang
– Saluang
– KIM

Baca Juga :   Arena Mesum, Indekos di Jati Sampurna Kena Razia

Acara ini terselenggara atas Pemenuhan Pokir H. Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo, S.Pt yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dalam keterangannya mengatakan,
“Dalam rangka melestarikan adat budaya Minangkabau yang ada di Kenagarian Koto Tinggi” ungkap Dt.Bijo.

“Setiap Nagari implementasi Kesenian itu berbeda dan sudah menjadi Khazanah kearifan lokal yang berorientasi dengan kehidupan masyakat salingka Nagari tersebut dan kewajiban kita bersama untuk melestarikannya” tukuk Dt.Bijo.

Dalam Masyarakat Minangkabau memiliki adat istiadat yang berbeda pada
tiap-tiap daerah atau Nagarinya.

Benarlah ungkapan Minang yang indah “lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya” artinya tiap
daerah memiliki adat istiadat tersendiri.

Baca Juga :   Segera di Lantik ? 5 Jabatan Tinggi Pratama di Lingkup Pemkab Limapuluh Kota, Ini datanya..

Disamping itu Dt.Bijo beserta Panitia dan Masyarakat turut mengundang masyarakat lainnya untuk hadir menyaksikan Festival Adat Sungai Dadok yang sangat bagus menambah Edukasi dan Wawasan yang dibalut dengan hiburan yang layak untuk disaksikan.