Pemkab Lima Puluh Kota Gelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di 3 Tempat Pada Bulan Desember

Cmczone.com- Dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan pangan strategis, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dalam hal ini Dinas Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai pelaksana menggelar gerakan pangan murah di 3 titik lokasi pada Bulan Desember ini.

Gerakan pangan murah pada bulan Desember ini merupakan penutup rangkaian dari 4 gerakan pangan murah sebelumnya, yakni di Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban dalam rangka mendukung TMMD/N ke-116 Tahun 2023 selama 2 hari, tanggal 17 s/18 Mei 2023 di halaman parkir Dinas Perhubungan Kab. Lima Puluh Kota dalam acara Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional menjelang HBKN Hari Raya Idul Adha tanggal 26 Juni 2023, dan di halaman Kantor Bupati Sarilamak dalam rangka gerakan pangan murah serentak Nasional untuk memperingati Hari Pangan se Dunia ke-43, tanggal 16 Oktober 2023.

Sekretaris Dinas Pangan, Susy Letrini, S.Pi, M.Si dalam keterangannya mengatakan, gerakan pangan murah yang ke 5,6,7 ditahun 2023 ini merupakan Implikasi Insentif Fiskal Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dalam upaya pengendalian inflasi dengan aksi stabilisasi pasokan dan harga pangan guna menjamin keterjangkauan harga pangan pokok dan pangan strategis bagi masyarakat, Selasa 12/12/2023.

Ada 3 titik lokasi gerakan pangan murah yang akan digelar pada Desember 2023 adalah :

1. Lapangan Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kamis 14 Desember

2. Halaman Parkir Monumen Nasional Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Selasa 19 Desember

3. Halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota, Nagari Sarilamak Kecamatan Harau, Kamis 21 Desember.

“Dalam mensukseskan gerakan pangan murah, perlu adanya sinergi dengan berbagai pihak serta koordinasi yang sangat ektra. Sebelum GPM dilaksanakan kita sudah melaksanakan Rapat Koordinasi dengan OPD terkait dan Wali Nagari. Pelaksanaan gerakan pangan murah ini didukung oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kab. Lima Puluh Kota, Perum BULOG Cabang Bukittinggi, ID Food, TTIC Padang, Bank Nagari Cabang Payakumbuh, PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Bukittinggi, PT. Charoen Pokphand Tbk Cabang Bukittinggi, OPD terkait, petani, peternak, pembudidaya ikan, UKM, dll,” Susy Letrini, S.Pi, M.Si

Baca Juga :   Gelar Aksi Solidaritas, Aliansi Bangsa Bersatu Melayu Tanjabtim Tolak Relokasi Kampung Tuo Pulau Rempang Batam

Senada dengan Susy, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota, Ambardi SE, MM membenarkan ada gerakan pangan murah yang ke 5,6 dan 7 kalinya digelar.

“Kerja keras semua pihak sehingga kita bisa menggelar untuk ke 5,6,7 kalinya gerakan ini, terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu hingga terlaksananya gerakan pangan murah ini, disamping itu patut kita Apresiasi Istimewa untuk Sekretaris Dinas Pangan (Susy Letrini, S.Pi, M.Si) bersama rekan2 Dinas Pangan yang telah bekerja dengan sepenuh hati untuk mensukseskannya,” ungkap Ambardi.

Akan purna tugas pada 1 Januari 2024 nanti, seraya berharap Susy Letrini dapat meneruskan Estafet kepemimpinan Dinas Pangan untuk masa mendatang. Saat ditemui di ruang kepala dinas, kami melihat kepala dinas, sekretaris dan kabid begitu solid dalam mensukseskan kegiatan GPM ini.

Baca Juga :   Dilanda Bencana Alam, Dinas PU Pessel Minta Kontraktor Tetap Jaga Hasil Kerja

Gerakan Pangan Murah menyediakan bahan pangan Pokok dan Pangan Strategis lainnya, seperti : Beras Medium, Beras Organik, Minyak Goreng, Telur Ayam, Telur Bebek, Cabe merah, Gula, Cabe Hijau, Cabe Rawit Bawang Merah, Daging Sapi Beku, Ikan segar, Olahan Daging, Ayam dan Ikan, Olahan Pangan Lokal, Sayuran, dll.

Tim