Kawasan Wisata Lembah Harau, Surganya Pemanjat Tebing

cMczone.com- Bagi seorang pemanjat bisa memanjat tebing pada salah satu lokasi panjat terbaik di Indonesia adalah sebuah kepuasan tersendiri, salah satu lokasi tersebut ada di sumatera barat yaitu di Tebing Lembah Harau .

Tebing-tebing purba nan eksotis tersebut berada di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

Lokasi yang berada di Kabupaten Limapuluh Kota ini adalah Kawasan Destinasi Wisata alam andalan Provinsi Sumatera Barat.

Surganya Pemanjat Tebing
Bagi yang ingin merasakan sensasi memanjat di tebing harau dan masih kebingungan soal penginapan, peralatan manjat dan lokasi-lokasi panjat yang sesuai keinginan, disini juga tersedia guide lokal yang selalu siap membantu, tutur seorang teman penulis yang kebetulan juga berprofesi sebagai guide panjat tebing di kawasan tersebut. Terdapat lebih kurang 300 lokasi panjat di kawasan lembah harau, dengan tingkat kecuraman sampai 90 derajat, dari sekian banyak lokasi panjat tersebut beberapa diantaranya ada yang paling populer atau paling sering dikunjungi baik oleh pemanjat lokal maupun manca negara, diantaranya adalah :

Baca Juga :   LPPK3i Temukan Dugaan Kerugian Negara di Pengelolaan Lampu Penerangan Jalan Umum Tahun 2020-2023 di Lahat

1.LOKASI LEMBAH ECHO
Tinggi tebing dilokasi ini lebih kurang 300 meter, menurut julie yang juga seorang guide panjat tebing di kawasan tersebut terdapat 15 jalur panjat dengan tinggi jalur sekitar 10 meter sampai 30 meter. Namun ada satu jalur panjat di lembah echo ini bernama ‘maghribi’ tinggi jalurnya mencapai 75 meter. Ada beberapa jalur panjat yang cukup terkenal disini seperti jalur ‘toilet’ yang memiliki tingkat kesulitan 5.10 ini salah satu jalur favorit di lembah echo juga jalur ‘biadab’ dengan grade 5.12 imbuhnya.

2.LOKASI SASARAH AKA BARAYUN
Lokasi selanjutnya yang menjadi favorit para pemanjat adalah Sarasah Aka Barayun, letaknya setelah tebing lembah echo, jarak dengan lembah echo lebih kurang 500 meter. di lokasi ini terdapat sebuah air terjun yang sangat indah. Ada 6 jalur di area ini tetapi yang paling sering di panjat cuma 3 jalur tepatnya di sebelah air terjun dengan variasi grade antara 5.8 samapi 5.10.

Baca Juga :   Masyarakat Pangkalan Panduk Minta Keadilan, Plasma Milik Masyarakat Sampai Saat Ini Tidak Diberikan Oleh Pihak Perusahaan

3. LOKASI PADANG TAROK
Dari lokasi panjat Sasarah Aka Barayun ke lokasi Padang Tarok berjarak kira-kira 1 kilometer, dilokasi ini terdapat sekitar 15 jalur panjat dengan grade 5.8 sampai 5.11. Nama jalurnya adalah merah putih, dengan ketinggian jalur panjat rata-rata 20 meter, tetapi ada satu jalur yang paling tinggi yaitu sekitar 85 meter. Lokasi yang satu ini sering dijadikan tempat pendidikan sekolah panjat tebing merah putih harau.

Walaupun Panjat tebing termasuk dalam Kategori Hobi/Olahraga yang ekstrim, namun Peminatnya cukup banyak.

Berbagai Komunitas Pemanjat tebing Lokal dan Luar banyak yang sudah menjajal sensasi menaklukan Tebing-tebing purba tersebut.

Sebagai Kawasan Wisata, Lembah Harau terus berkembang untuk mempersolek diri, salah satunya adalah pengembangan Kawasan Bukik Soriak Land.

Baca Juga :   Asah Skill, Yonif R-100/PS dan US Army Latihan Tempur Kota

Glamping, Villa, Hotel yang dikembangkan oleh PT.Bukik Soriak Land (BSL) layak menjadi tumpuan Investasi yang menggiurkan, disamping Pariwisatanya yang sedang menuju Puncak.