LiveNews

“Aroma Busuk” Pengisian KA Disdukcapil Limapuluh Kota, Apakah Erinaldi Sudah Memenuhi Syarat?

cmczone.com, Limapuluh Kota (Sumbar)- Berdasarkan pengumuman 3 besar hasil pansel NOMOR: 27Pansel-JPTP-LK/2024.

3 besar untuk mengisi Jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) adalah:

1. DENI HENDRA SURYADI, SKM., M.Kes NIP. 19731016 199503 1003,

2. ERINALDI, SH., MM NIP. 19770508 200701 1 008,

3. WIRADINANTA F, S.STP., M.Si NIP. 19831027 200212 1 001.

Pelantikan Jabatan Kadisdukcapil ditunda oleh Pemkab 50 Kota, padahal panselnya sama dengan 5 pengisian jabatan lainnya dan sudah dilantik oleh Bupati pada Jumat, 8 Maret 2024.

Dalam keterangan tim pansel penundaan pelantikan pengisian jabatan Kadisdukcapil belum mendapat restu dari Kemendagri.

Menurut sumber istimewa, aneh terasa jika faktanya demikian belum restu Mendagri, padahal tim pansel untuk Kadisdukcapil sama pengumumannya dengan 5 jabatan lainnya yang sudah dilantik Bupati atau memang orang yang akan mengisi jabatan Kadisdukcapil pilihan Bupati terkesan dipaksakan?

“Ya, dari 3 besar nama yang akan mengisi Jabatan Kadisduk Capil adalah atas nama Erinaldi, padahal 2 nama lainya lebih senior dan sudah mengikuti Diklat Pimpinan (Dikpim) 3 dari 4 Dikpim yang ada,” tukuknya.

Berikut kejanggalan menurut sumber istimewa, seandainya Erinaldi yang dipilih Bupati mengisi jabatan Kadisdukcapil Limapuluh Kota.

1. Diangkat PNS dengan pangkat golongan 2 pada 2007, sedangkan calon lainnya ada yang diangkat PNS dari tahun 90-an (sisi senioritas dalam pengkaderan jelas dilangkahi).

2. Belum pernah mengikuti DIKLAT Kepemimpinan apapun yang seharusnya menjadi salah satu syarat untuk menjadi Pejabat Struktural, sementara calon lainnya sudah mengikuti Diklat Kepemimpinan (Dikpim).
3. Baru naik pangkat ke IV.a pada 1 Okt 2023 dan untuk naik pangkat ke IV.a ini yang bersangkutan hanya butuh 1,5 tahun dari pangkat sebelumnya, 1,5 tahun ini atas dasar apa & apa istimewanya sehingga yang bersangkutan (Erinaldi) bisa naik pangkat secepat itu? sedangkan calon lainnya lebih senior dari sisi pangkat.
4. Jabatan pertama nya baru di 28 desember 2016 dan baru 4 kali menduduki Jabatan Struktural sampai sekarang, sedangkan calon lainnya sudah malang melintang di banyak jabatan dan instansi.

Kenapa Erinaldi begitu istimewa dimata Bupati Limapuluh Kota Safarudin?

Beredar informasi bahwa Erinaldi dan Bupati Safarudin adalah kawan satu leting di Alumni Universitas Muhammadiyah Bukittinggi dan Konon kabarnya Erinaldi lah yang ikut membantu menyusun skripsi Bupati Safarudin yang syarat kelulusan menjadi Sarjana?

Sebagai tambahan informasi masih dari sumber istimewa, untuk seleksi eselon 2 (JPTP), info yang beredar bahwa erinaldi lah yang berperan besar dalam mengatur panitia seleksi dan hasilnya karena Erinaldi sebelumnya adalah Kabid Mutasi BKPSDM.

Selanjutnya kejanggalan ada pada Hasil Tes wawancara, dari peserta keseluruhan bahwa nilai wawancara tertinggi adalah Erinaldi bahkan mengalahkan nilai wawancara Sekda yang sudah dilantik.

Kemudian orang-orang yang menjabat di BKPSDM sekarang ini mulai dari Kabid. Mutasi, Sekretaris, Kepala Seksi adalah orang-orang yang merupakan kaki tangan Erinaldi?

Hal tersebut berlaku karena mereka beranggapan Erinaldi ini sangat dekat dengan Bupati dan seringkali menjual-jual nama Bupati Ke orang lain.

Diakhir Informasi, sumber mengatakan masa orang seperti ini yang akan dijadikan pejabat tinggi da, ndak pulo urang asli Kabupaten Limapuluh Kota do, mangacau pulo di Limapuluh Kota hanya karena dekat dengan Bupati.

“Banyak orang-orang baik dan bagus lai untuk bisa dijadikan pejabat kalau ingin daerah kita maju, kreatif, inovatif yang pasti bukan orang-orang hanya pandai menjilat,” tutupnya.

Bupati Limapuluh Kota, Safarudin Dt. Bandaro Rajo saat dikonfirmasi Via WA, sampai berita terbit masih enggan menjawab.

Tim

Exit mobile version