LiveNews

Skuad Garuda, Tim dengan Lonjakan Peringkat Tertinggi Dunia

cMczone.com-Tim nasional Indonesia mengalami lonjakan peringkat tertinggi dalam daftar FIFA yang dikeluarkan federasi sepak bola internasional itu, Kamis (4/4).
Dua kemenangan back to back atas Vietnam membuat Skuad Garuda mengalami lonjakan 8 tingkat dari posisi 142 ke peringkat 134 dunia saat ini.

Indonesia pun menjadi negara dengan koleksi poin terbanyak dengan tambahan 30,04 poin hasil dari menyapu bersih kemenangan selama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tambahan poin itu membawa Indonesia melesat ke posisi 134 dengan koleksi 1.102,7 poin.

Peringkat ini menjadi peringkat terbaik selama tiga belas tahun terakhir yang diperoleh oleh skuad Garuda yang terakhir kali menempati peringkat 140 besar dunia pada 19 Oktober 2011.

Dengan bertengger di posisi 134 dunia, membuat Indonesia kini menyalip peringkat negara tetangga Malaysia yang turun ke peringkat-138.

Skuad Garuda kini menempati peringkat ketiga di zona Asia Tenggara dan terpaut 62 poin dari Vietnam yang berada di peringkat ke-115 dunia. Di zona ASEAN, Thailand masih memimpin dengan peringkat ke-110 dunia dengan total 1208,93 poin.

Di 10 besar dunia, Argentina masih kokoh di posisi teratas, diikuti posisi kedua Prancis. Belgia melengkapi podium tiga besar, dengan menggeser Inggris yang turun satu peringkat ke posisi empat.

Brasil melengkapi posisi lima besar. Sedangkan Portugal mulai meramaikan persaingan dengan naik satu undakan di peringkat enam.
Belanda yang harus turun ke posisi tujuh. Sedangkan tiga tim yang melengkapi 10 besar yakni, Spanyol (8), Italia (9), dan finalis Piala Dunia 2018 Rusia, Kroasia (10).

Kenaikan peringkat dua tingkat diperoleh Amerika Serikat (11), kemudian Kolombia (12), Ukraina (22), dan Polandia. Beberapa tim juga naik empat tingkat, seperti Ceko (38), Palestina (93), dan Kirgiztan (100). Sedangkan Qatar membuat sejarah dengan meraih posisi tertinggi yang pernah mereka raih. Qatar naik tiga tingkat ke posisi terbaik yang pernah mereka rasakan, yakni 37.

Editor Febri
Sumber PSSI

Exit mobile version