oleh

FORBA: Dana Anggaran DPRD Riau Untuk Jalan Jalan 16 M Sebaiknya Untuk Fasilitas Pendidikan

Pekanbaru,(cMczone.com) – Sekitar 16 miliar rupiah dianggarkan di APBD Riau tahun 2019 untuk kunjungan kerja ke Luar Negeri anggota DPRD Riau. Anggaran kegiatan ini dinilai terlalu besar oleh FORBA, sementara banyak sektor yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan anggaran sebanyak itu. Terkhusus disektor pendidikan anggaran sebanyak itu bisa digunakan untuk membangun fasilitas penunjang pendidikan. Dianggaran tahun 2019 Dinas Pendidikan Provinsi Riau menganggarkan sebesar 3,8 miliar untuk pembangunan unit sekolah baru SMK dan 5,7 miliar dianggarkan untuk membangun ruang kelas baru untuk SMA. Anggara untuk membangun SMA dan SMK ini lebih sedikit dari pada anggran kunjungan kerja dewan Provinsi Riau ke Luar Negeri, dengan selisih 6,5 miliar.

Data Dinas Pendidikan Provinsi Riau tahun 2018 dari sebanyak 7.748 ruang kelas untuk SMA dan SMK ada sebanyak 3.386 ruang kelas yang kondisinya rusak ringan, 287 rusak sedang, 173 rusak, dan 92 rusak total. Jika anggaran untuk jalan – jalan DPRD Riau keluar negeri itu dialihkan kepembangunan dan perbaikan kelas maka masalah tersebut akan cepat terselesaikan sehingga Riau tidak lagi kekurangan kelas karena kondisi yang kurang baik. Menurut Permendiknas No. 24 tahun 2007 tentang Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA dan juga Permendiknas No. 40 tahun 2008 tentang Sarana dan Prasarana untuk SMK/MAK standar ruangan belajar harus memperhatikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kesehatan peserta didik dan guru.

DPRD Riau harusnya lebih memperhatikan pendidikan di Riau dari pada menganggarkan anggaran untuk jalan – jalan keluar negeri yang tidak memberi efek banyak untuk kepentingan rakyat. FORBA mengingatkan DPRD Riau bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa adalah amanat Undang – Undang Dasar 1945. Pendidikan merupakan pelayanan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintahan daerah.

Komentar

Berita Lainnya