oleh

Kembangkan Prestasi, PS. Walet Puti SMAN 1 Kampar Laksanakan Latihan Rutin

-Headline-201 views

Kampar, (cMczone.com) – Pencak Silat merupakan salah satu mutiara dalam kekayaan khazanah kebudayaan nusantara Indonesia.

Olah raga bela diri ini telah ada di Indonesia sejak lama dan terpelihara hingga kini. Salah satunya Perguruan Pencak Silat Warisan Leluhur Tunggal Pusaka Tradisional Indonesia (PS. Walet Puti), juga sudah puluhan tahun berperan aktif cetak Atlit yang berprestasi dan mengembangkan budaya asli Indonesia Raya tersebut.

Untuk tetap terjaganya Tradisi tersebut dan untuk mengembangkan Prestasi PS. Walet Puti selalu melaksanakan latihan rutin. Seperti yang dilakukan siswa SMAN 1 Kampar.

Roza Amelia selaku Asisten Pelatih PS. Walet Puti kepada awak media pada Minggu ,(24/11/2019) mengatakan,” ya 2X seminggu kita melaksanakan latihan rutin, latihan ini untuk mengembangkan Prestasi para siswa tersebut, selain itu juga agar fisik para siswa tetap terjaga,”ujarnya.

Baca Juga :   Tanggap, Tim Projo PAC Kampar Utara Bantu Evakuasi Korban Banjir

Sambung Roza, Salah satu cara untuk menjadi atlit yang berprestasi yakni dengan latihan rutin, dengan latihan rutin ini kita yakin akan mencetak bibit atlit yang berprestasi,”terang Roza yang menyandang Sabuk sebagai Pendekar Muda.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Asril selaku Pembimbing Estra Pencak Silat di SMAN1 Kampar, menurutnya latihan rutin ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan para atlit dan peserta Silat. Khusus untuk siswa SMAN 1 Kampar latihan rutin kita adakan 2 kali seminggu, yaitu setiap Sore Jum’at dan Sore Ahad,” katanya.

Menurutnya, latihan rutin yang dilaksanakan setiap dua kali seminggu dimaksudkan untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat melalui berolahraga.

“Bila badan kita kuat dan sehat, maka jiwa kita pun sehat. Kalau jiwa sehat, pikiran pun jernih. Tapi kalau jiwa kita sakit. Dengan kata lain, fisik dan mental yang kuat, jasmani dan rohani yang sehat akan menghasilkan individu-individu tangguh, dan juga Pencak Silat ini selain Tradisi Bangsa Indonesia Pencak Silat juga punya makna tersendiri. Saya juga berpesan kepada para siswa yang ikut latihan agar mengingat bahwa Lahir Silat mencari kawan Batin Silat mencari Tuhan, dan jangan lupakan Safta Dharma Perguruan PS. Walet Puti jadikan itu pedoman,”tutup Asril.

Baca Juga :  

Laporan : Redi Yusmar

Komentar

Berita Lainnya