Apri Serahkan DPA APBDes 2020

Bintan,(cMczone.com) – Bupati Bintan Apri Sujadi didampingi Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam dan Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Adi Prihantara menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja desa (APBDes) Tahun 2020 kepada 36 Desa, Senin (17/2//2020) di Aula Kantor Bupati Bintan.

Dan disejalankan dengan penandatanganan pakta integritas yang merupakan wujud transparansi dan pertanggungjawaban dana desa.

Suatu kebanggaan tersendiri dimana Aparatur Pemerintahan Desa (APD) secara resmi mendapatkan nomor induk dengan maksud mengawal dan memberikan keyakinan dalam pelaksanaannya.

Hasil koordinasi dengan kementerian, Bintan menjadi satu-satunya dan pertama yang memiliki nomor induk bagi aparatur desanya.

Baca Juga :   Mahasiswa Hukum UBK Lakukan Penelitian di PPWI

Apri dalam arahannya mengharapkan kepada seluruh kepala desa dan perangkatnya untuk dapat mengedepankan aspek pembangunan berkesinambungan dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana desa.

“Gunakan dengan sebaik-baiknya dan ingat selalu, bahwa dana desa ini harus dipertanggungjawabkan. Laksanakan program pembangunan yang telah direncanakan, namun tetap memperhatikan azas kebutuhan masyarakat” papar Apri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika dalam laporannya menyampaikan, bahwa peningkatan dana desa mengalami peningkatan yang sangat fantastis.

Dari jumlah Rp. 24 Milyar di Tahun 2015 meningkat hampir 7 kali lipat, yakni Rp. 155 Milyar di Tahun 2020 ini.

Bentuk perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, selaras dengan cita-cita pembangunan yang ingin maju mulai dari Desa.

Baca Juga :   Mendikbud Usulkan Gaji Guru Honorer Setara PNS ' 0 Tahun' Asril : Asal Jangan Cuma Janji ?

Lebih dari 30 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Bintan saat ini, telah mampu meningkatkan secara signifikan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Alhamdulillah, berbagai kemajuan yang ditunjukkan desa hingga saat ini merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Kita terus berkomitmen agar pembangunan desa bisa berjalan lancar sesuai harapan,” ujar Ronny.

Sebagai tambahan, lanjut Ronny, melalui dana desa telah dilakukan pelatihan 29 orang Satpam yang bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri).

“Dalam beberapa bulan terakhir, sebanyak 10 orang Satpam telah mulai bekerja di beberapa Perusahaan Besar yang ada di Bintan, seperti PT. BRC Lagoi dan PT. Numbing Jaya,” ungkap Ronny.

Laporan: Budi Adriansyah/MC Bintan