oleh

Tips Pencegahan Virus Corona Versi Kodim 0315/Bintan

TANJUNGPINANG, (cmczone.com) – Virus Corona atau virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat.

Baca Juga :   PEKAT IB RIAU : Kami Akan Kawal Penanganan Kasus Korupsi Di Riau

Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

Demam

Batuk

Sesak napas

Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Berikut tips dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan, agar terhindar dari Virus Corona :

-Mengindari kontak dekat dengan orang yang menderita infeksi pernapasan akut.

-Menggunakan masker dan sering mencuci tangan terutama setelah kontak langsung dengan orang sakit atau lingkungan mereka.

-Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik, lalu dibilas

-Apabila tidak ada fasilitas cuci tangan, gunakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 70-80 persen 

-Menghindari kontak erat dengan pertenakan hidup atau mati dan hewan liar

-Menjaga imunitas tubuh 

-Pelancong dengan gejala infeksi pernapasan akut harus berlatih etiket batuk (menjaga jarak, menutupi batuk dan bersin, dan mencuci tangan)

Editor: Budi Adriansyah

Komentar

Berita Lainnya