oleh

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Suir Syam: Hindari Gesekan di Tahun Politik

ANGGOTA DPR RI, dr H Suir Syam saat memaparkan materi 4 pilar kebangsaan di Panyalaian beberapa waktu lalu. IST

 

PADANGPANJANG, CMCZONE.COM– Memasuki tahun politik jelang pelaksanaan Pilkada serentak di Indonesia, khususnya di Sumbar 2020, berbagai kerawanan sangat berpotensi muncul di tengah-tengah masyarakat.

Perbedaan-perbedaan kecil terkadang bisa menjadi pemicu terjadinya gesekan besar antar kelompok, suku, ras, bahkan antar agama. Jika tidak diantisipasi secara bijak dan tepat, kondisi ini dikhawatirkan akan memecah belah persatuan bangsa.

“Disinilah pentingnya semangat 4 pilar ditanamkan, guna terus memupuk, menumbuhkan dan menjaga persatuan dan rasa nasionalisme kebangsaan,” ujar anggota Komisi IX DPR RI, dr H Suir Syam M.Kes MMR saat menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Nagari Panyalaian X. Koto, Kab. Tanahdatar, 11 Februari 2020 lalu.

Baca Juga :   Wauuuuu......Dua Pakar Akademisi Riau Menyoroti Dugaan Penyimpangan Dana DR Dan DAK Di Meranti , Ada Apa Ya..........? ? ?

Sejatinya sebut Suir Syam, perbedaan dan keanekaragaman merupakan salah satu ciri khas yang menjadi aset dan kekayaan bangsa Indonesia, wujud dari kebhinekaan yang harus dijaga dan dipelihara.

Disinilah pentingnya pemahaman dan pengaplikasian salah satu pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Bhineka Tunggal Ika.

“Saya yakin, hanya dengan memahami dan melaksanakan nilai-nilai empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinnèka Tunggal Ika, kita akan mampu menjaga kekayaan bangsa dan juga merawat kebhinekaan itu,” imbuh Suir Syam di hadapan 150 lebih peserta sosialisasi.

Menyongsong helat Pilgub Sumbar dan Pilkada seretak di 13 kabupaten/ kota se Sumbar, September 2020 mendatang, Suir Syam juga mengajak seluruh pihak yang berkepentingan, untuk bisa mewujudkan demokrasi yang santun dan baik, serta menghindari hal-hal yang dapat memecah belah persatuan.

Baca Juga :   Diduga Tidak Memiliki Izin, Tambang Pasir Disegel Polisi

Dia mengajak masyarakat dan seluruh pihak terkait untuk senantiasa menjadikan empat pilar sebagai pedoman hidup. “Selain kondisi ekonomi yang memburuk di tengah teror wabah virus Corona (Covid-19) saat ini, persatuan dan kesatuan adalah modal kekuatan bersama,” tandas Suir Syam.

“Kami yakin, dengan pemahaman empat pilar yang bagus, maka penempatan persatuan bangsa tetap akan ada di atas kepentingan politik,” ulasnya. RYAN SYAIR

Loading...

Komentar

Berita Lainnya