oleh

MRPB peduli pasbar,somasi media online Figurnew.

Pasaman,(cMczone)- Assalamualaikum wr wb.Sehubungan dengan berita yang dimuat di media online figurnews pada hari Sabtu tanggal 16 Mei 2020, dengan judul berita “Dituding Melakukan Pemerasan, Ini Curhat Tim Medis RSUD PASAMAN BARAT”, maka kami sebagai pihak yang merasa dirugikan oleh pemberitaan tersebut dengan ini menyampaikan klarifikasi kepada masyarakat luas.
Kami dari ormas sosial kemanusiaan MRPB PEDULI dan KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKPB) merasa keberatan dengan pemberitaan oleh oknum wartawan yang berinisial “Di” tersebut, yang isinya menuduh kami dengan tuduhan yang tidak benar terkait dengan upaya KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat dalam melakukan pendampingan terhadap saudari Reni khususnya, dan warga kurang mampu lainnya pada umumnya. Diduga oknum “ Di “ ini adalah orang yang tidak peduli dengan penderitaan warga kurang mampu dan diduga malah menghambat masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan haknya atas bantuan layanan kesehatan rumahsakit.

Baca Juga :   YULFADRI NURDIN SH : KEHADIRAN MAHASISWA DIHARAPKAN MAMPU BERIKAN ENERGI POSITIF BAGI MASYARAKAT KABUPATEN SOLOK

Klarifikasi kami sebagai berikut:

1. KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat tidak pernah memberitakan persoalan ini ke media karena KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat bukan media atau wartawan.

2. KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat mendampingi semua pasien miskin/tidak mampu yang haknya telah dijamin oleh UUD 1945, UU Rumahsakit, UU Fakir Miskin, Permenkes, dll.

3. Malam saat mengurus kepulangan Reni, KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat telah berupaya bicara dengan pihak RSUD, tapi tidak dilayani. Kami juga telah berupaya menelpon langsung Direktur RSUD Pasbar, tapi tidak diangkat.
Maka besok harinya kami datangi lagi RSUD Pasbar, alhamdulillah ternyata Reni telah diperbolehkan pulang tanpa membayar biaya perawatan.

4.Tuduhan tanpa bukti yang dialamatkan kepada kami dengan menyebutkan kami beberapa kali mengurus pasien dgn cara-cara yang tidak menyenangkan adalah tidak benar. Kalau dianggap ada, silahkan buktikan.

5.Tuduhan bahwa pendampingan ataupun pembelaan yang kami lakukan terhadap pasien miskin merupakan “bentuk pencitraan” kami pandang sebagai bentuk penghinaan atas kegiatan sosial kemanusiaan yang dilakukan oleh para relawan KKPB.

Baca Juga :   Tantangan Jurnalisme : Informasi Aktual, Berimbang, Bertanggungjawab dan Bermanfaat

6.Diduga sumber berita oknum wartawan ini adalah palsu atau tidak bisa dipertanggung jawabkan (hanya berdasarkan surat tanpa kop ataupun identitas penulisnya). Bukti surat yang kami dapatkan dan chattingan WA sang oknum ini kepada salah satu rekan wartawan lainnya kami lampirkan.

Dalam kesempatan ini kami sampaikan juga bahwa KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat telah berkiprah beberapa tahun belakangan ini dalam mendampingi, memfasilitasi dan membantu ribuan masyarakat Pasaman Barat. KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat sampai saat ini telah ikut berkontribusi terhadap berbagai persoalan ummat serta tragedi kemanusiaan dan bencana, baik itu yang terjadi di Pasaman Barat maupun diluar Pasaman Barat, seperti di wilayah Sumbar, wilayah Indonesia, bahkan di negara lain (menggalang dan mengirimkan bantuan untuk pengungsi Rohingya, Palestina, Uyghur, Suriah, dll)

Baca Juga :   Dugaan Korupsi Alkes, Mantan Dirut RSUD dr Rasidin Padang Ditahan

Dalam seluruh kegiatan/aksi sosial kemanusiaan yang diikuti oleh relawan KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat, para relawan kita murni bekerja ikhlas tanpa digaji dan tidak memakai satu rupiah pun dari donasi untuk biaya operasional.
Hal ini perlu kami sampaikan agar masyarakat Pasaman Barat mengetahuinya, sehingga tidak menjadi fitnah terhadap ikhtiar kita dalam membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan kita semua.

Kami minta kepada bapak pimpinan media figurnews com agar meluruskan informasi ini terkait pemberitaan dan tuduhan oleh oknum wartawan ini yang dialamatkan kepada KKPB
Semoga Allah meridhoi kita semua dan semoga seluruh relawan KKPB tetap istiqomah, dan terus berkiprah dalam ikhtiar untuk kemaslahatan ummat.

‎آمِيّنْ..آمِيّنْ..آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Jazaakumullah khairan,

Wassalam
Decky H Sahputra SH
Ketua KolaborAksi Kemanusiaan Pasaman Barat (KKKP)

Sumber: decky h

Loading...

Komentar

Berita Lainnya