oleh

Canggih, Dishub Pekanbaru Kendalikan Lampu PJU Dari Jarak Jauh

Pekanbaru, (cMczone.com) — Lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru saat ini ternyata sudah menerapkan teknologi canggih. Selain menggunakan bola lampu low cost, untuk menghidupkan dan mematikan lampu PJU cukup dikontrol dan dikendalikan dari jarak jauh.

Demikian diungkapkan Kabid Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana (KTSP) Dishub Pekanbaru Tengku Ardi Dwisasti kepada wartawan, Selasa (4/8/2020).

“Dan spektakulernya lagi, kita bisa menghidupkan dan mematikan lampu jalan, PJU, di Pekanbaru dari sini saja (kantor Dishub). Juga via hp saya ini,” kata Ardi.

Kepada awak media yang datang berkunjung ke kantornya, Ardi kemudian memamparkan tentang job desk-nya, khususnya terkait tanggungjawab sebagai operator PJU.

Baca Juga :   Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Riau Bersatu Siap Mengawal RUU HIP Di Bawah Komando MUI

“Saat ini penerangan jalan umum (PJU) sudah lebih baik. Jumlah tiang lampu di seluruh wilayah Pekanbaru berkisar 37.133 tiang yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu meterisasi dan non meterisasi,” paparnya. “Dan kita juga sudah memasang 700 unit panel yang fungsinya untuk kontrol lampu PJU dan ini meterisasinya,” kata Ardi memperlihatkan kepada wartawan.

Menurut Ardi, untuk menekan tagihan PLN ke Pemko, pihaknya juga telah mengganti lampu-lampu jalan lama yang voltase nya berkisar 500 watt/bola lampu dengan lampu jalan jenis LED yang low watt, namun terangnya terang sama dengan yang lama.

“Jadi kita bisa dapat mengurangi pembayaran tagihan ke pihak PLN,” ungkapnya.

Baca Juga :   Mahasiswa Desak KPK, Usut Kasus Indra Gunawan Eet

Jika sebelum penggantian lampu serta memasang panel PJU tagihan PLN Pemko mencapai Rp 13 miliar per-bulan pada tahun lalu, maka sejak awal oktober 2019 pembayaran dapat ditekan hingga Rp 6 miliar/bulan.***(Jim)

Komentar

Berita Lainnya