oleh

Kodim 0315/Bintan Panen Jagung Demplot bersama Masyarakat

Bintan, Kepri (cMczone.com) – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, bersama masyarakat melaksanakan panen Jagung Demplot di lahan seluas kurang lebih 2 Hektar yang berada di Desa Toa Paya Selatan, Kecamatan Toa Paya, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (18/8/2020).

Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, mengatakan, bahwa panen jagung tersebut merupakan program Kodim 0315/Bintan untuk mewujudkan ketahanan pangan yang ada di wilayah teritorial.

“Hari ini kita melaksanakan panen  jagung Demplot bersama warga Desa Toapaya Selatan. Kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan Kodim 0315/Bintan yang dibuat sebagai contoh kepada masyarakat, dengan harapan dapat dilaksanakan dengan cara membuka kebun dan mengembangkannya. Langkah seperti ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,“ kata Ketut Arta.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Pandemi Covid-19, KAPOLRES Kupang Bagi Masker Dan Sembako

Masyarakat Kabupaten Bintan saat ini sudah mulai bergerak mengikuti program yang dibuat oleh kodim 0315/Bintan yang tentunya didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bintan, seperti ketahanan pangan yang dilaksanakan saat ini.

Ketut Arta menjelaskan, bahwa lahan Demplot seperti ini telah dikembangkan di setiap Koramil jajarannya dengan memanfaatkan lahan kosong di masing-masing Koramil. Kali ini posisi lahan dalam kegiatan panen jagung tersebut berada di Wilayah Binaan Koramil 02/Bintan Timur.

“Bukan hanya jagung, kita juga mengembangkan tanaman lainnya, seperti sayur-sayuran dan tanaman singkong serta lainnya,“ ungkap Ketut Arta.

Kegiatan ini juga dalam rangka program menjaga stabilitas ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19, khususnya di Kabupaten Bintan.

Baca Juga :   Driver Mengeluh, Penumpang Terpekik, Ojol Ditinggalkan

“Dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan ditengah Wabah  Covid-19, perlunya kerja sama agar tetap menjaga stabilitas bahan pokok makanan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan, terutama di wilayah teritorial Kodim 0315/Bintan,” ujar Ketut Arta.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Toapaya Selatan, Erik mengatakan, bahwa pada masa pandemi Covid-19, krisis pangan akan terjadi apabila tidak menjaganya, maka dari itu ketahanan pangan adalah salah satu kunci untuk menghadapi pandemi Covid-19.

“Segala upaya menurutnya perlu dilakukan, termasuk percepatan tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan termasuk pasca Covid-19 nanti. Untuk itu kami atas nama masyarakat di Desa Toapaya Selatan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0315/Bintan dan jajarannya yang telah membantu memberikan edukasi serta pembelajaran kepada masyarakat dalam mengembangkan potensi lahan untuk ketahanan pangan,” ujar Erik.

Baca Juga :   Ansar Optimis BBK Akan Jadi New Hongkong-nya Indonesia

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: Pendim 0315/Bintan

Komentar

Berita Lainnya