oleh

Bekerjasama dengan PMI, Diskes Lantamal IV Gelar “Donor Darah Sukarela”

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Lantamal IV) Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal IV bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Tanjungpinang menggelar aksi “Donor Darah Sukarela” yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, No.1, Batu Hitam, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis pagi (28/1/2021).

Kegiatan donor darah tersebut dalam rangka pemenuhan darah untuk PMI, mengingat akhir-akhir ini, banyak bencana yang melanda Indonesia pada awal tahun 2021. Selain itu juga jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Korps Polisi Militer Angkatan Laut (Korps Pomal).

Baca Juga :   Aspotmar Danlantamal IV Melalui Vicon Ikuti Forum Diskusi TBM

Kegiatan sosial tersebut diikuti oleh segenap Prajurit dan PNS Lantamal IV yang berada di Tanjungpinang yang bersedia mendonorkan darahnya secara sukarela.

“Kegiatan donor darah ini merupakan  kegiatan sosial, sehingga kita dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV, Mayor Marinir Saul Jamlaay.

Tidak semua pendonor dapat terlayani dengan baik, karena ada beberapa persyaratan seperti berat badan minimal 45 kg, kemudian temperatur tubuh antara 36,6-37,5˚ Celcius.

Lalu tekanan darah baik yaitu sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg, denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit serta Hemoglobin (HB) perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram.

Baca Juga :   Kekuatan Hati Itu Datang seperti "Air Terjun Niagara"

“Setetes darah yang kita sumbangkan, dapat menyelamatkan nyawa saudara kita yang sedang membutuhkanya,” tutur Mayor Saul.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber Dispen Lantamal IV

Komentar

Berita Lainnya