oleh

Dalam Satu Malam Terjadi 4 Kebakaran di Tanjungpinang, Ini Tindakan DPKP

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Empat musibah kebakaran terjadi dalam satu malam. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang, Hantoni, S.Sos, M.Si, pada cMczone.com, Senin malam (8/2/2021).

Berikut empat musibah kejadian kebakaran yang disampaikan Hantoni melalui pesan WhatsApp :

1. Pada hari Senin (8/2/2021) pukul 19.00 WIB dengan pelapor Ronal. Ronal melaporkan, bahwa telah terjadi kebakaran di lahan PT. Mahkota milik Ahcok.

Lahan tersebut berada di Jalan Senggarang Besar, RT 02/ RW 05, Kelurahan Senggarang, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Armada yang diturunkan 1 mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) BP 1924 A dengan kapasitas 3 ton air. Personil yang diturunkan dari Pos Bincen sebanyak 6 anggota,” kata Hantoni.

Hantoni menjelaskan, bahwa langkah-langkah yang diambil, ketika ada laporan dari warga telah terjadi kebakaran lahan melalui telepon, anggota langsung meluncur menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Tiba di lokasi, anggota langsung memadamkan api dengan satu kali semprotan menggunakan 3 gulung selang. Dan api padam sekitar pukul 19.50 WIB. Kerugian lebih kurang 1.5 hektar lahan hangus terbakar,” ujar Hantoni.

Baca Juga :   Tokoh Maumere Karimun, Yuliana: Program Pak Ansar Luar Biasa

2. Pada hari yang sama, sekitar pukul 19.55 WIB, pelapor Yetti. Yetti melaporkan, bahwa telah terjadi kebakaran lahan milik Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang di Jalan Senggarang, RT 01/RW 05 (depan SMA Negeri 6), Kelurahan Senggarang, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Armada yang diturunkan 2 mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) ditambah 1 mobil milik BPBD. Personil dari Pos Dompak 5 anggota dan ditambah personil Pos Bincen 6 anggota dan BPBD 4 anggota,” ujar Hantoni.

Langkah-langkah yang dilakukan adalah, ketika mendapatkan laporan dari warga setempat melalui telepon, bahwa telah terjadi kebakaran lahan milik Pemko Tanjungpinang, anggota langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Tiba di TKP, terlihat api cukup besar, sehingga digunakan 12 gulung selang dengan panjang 10 meter. Personil langsung melakukan pemadaman dengan menggunakan selang dan ada yg manual. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak berwajib. Alhamdulillah sekitar pukul 21.05 WIB api padam. Tidak ada korban jiwa dan kerugian 2 hektar lahan hangus terbakar,” jelas Hantoni.

Baca Juga :   Dukung Program Ketahanan Pangan, Lanal TBK Tanam Hidroponik

3. Pukul 20.30 WIB, pelapor Risci. Risci melaporkan, bahwa telah terjadi kebakaran lahan milik Nico Abdurahman di Jalan Sei Timun (dekat Kejati), RT 02/ RW 05, Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Armada yang diturunkan 3mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dengan kapasitas 3 dan 5 Ton air. Dan personil yang diturunkan dari Pos SKB 7 anggota, bantuan dari Pos Dompak 6 anggota dan Pos Bincen 5 anggota,” kata Hantoni.

Langkah-langkah pemadaman, ketika mendapatkan laporan dari warga, personil langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sampai di TKP, terlihat api cukup besar. Segera dilakukan penyemprotan.

“Alhamdulillah api padam sekitar pukul 20.57 WIB. Dugaan sementara adanya pembakaran SAMPAH. Kerugian lebih kurang 4 hektar lahan hangus terbakar,” ujar Hantoni.

Baca Juga :   Khazalik : Saya Jadi Saksi, Ansar Ahmad Pemimpin Pekerja Keras yang Berjiwa Besar

Hantoni menghimbau, bahwa dengan situasi cuaca yang ekstrim, angin kencang dan cuaca panas saat ini, untuk tetap menjaga keselamatan.

“Dengan tidak membakar sampah di sekitar lahan dan jangan membakar lahan,” pesan Hantoni.

4. Dan pada pukul 22.40 WIB, mendapat laporan dari warga bernama Rio M Nur. Rio melaporkan, bahwa telah terbakar satu unit sepeda motor di Gerbang Perumahan Bukit Raya, Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Pemilik kendaraan tersebut ibu Ugar Mugi Prihani. Kerugian ditaksir sebesar Rp. 8.000.000,” ujar Hantoni.

Langkah-langkah yang diambil, kata Hantoni, tim mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) BP 9124 A dengan jumlah personil dari Pos Bincen 5 anggota, lalu melakukan pemadaman dengan satu kali penyemprotan. Dan api padam sekitar pukul 23.10 WIB.

Editor : Budi Adriansyah

Komentar

Berita Lainnya