Kampar Terima Penghargaan Pelayanan KB MKJP Terbaik Tingkat Provinsi Riau.

Kampar, (cMczone.com) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) perwakilan Riau memberikan penghargaan kepada Kabupaten Kampar sebagai daerah terbaik di Provinsi Riau dalam pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) melalui bakti sosial program pencegahan Stunting.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH dari Kepala BKKBN perwakilan Riau Mardalena Wati yang diadakan di Ruang Bupati Kampar, Selasa, (02/03/2021) di Bangkinang.

Dalam penghargaan ini menurut BKKBN Riau, Kampar yang merupakan Daerah yang dapat menjalankan program KB MKJP dengan baik, dimana MKJP sendiri merupakan metode kontrasepsi dengan tingkat keefektifan yang tinggi dengan tingkat kegagalan yang rendah.

Baca Juga :   REBOISASI JADI TARGET SATGAS TMMD BERSAMA WARGA HIJAUKAN KARANGJAMBU

MKJP merupakan jenis kontrasepsi yang sekali pemakaiannya dapat bertahan selama 3 tahun sampai seumur hidup, terdapat berbagai jenis MKJP seperti alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR), implan, medis operatif wanita (MOP) dan medis operasi pria (MOP).

Selain kesuksesan KB MKJP, dasar penghargaan ini juga karena Kampar sukses menjalankan program Stunting dengan baik.

Di akui Bupati kampar, bahwa kampar memang mendapatkan 10 desa sebagai lokus stunting diantaranya Desa Aur Kuning 60 anak, Desa Terusan 33 anak, Desa Gajah Bertalut 33 anak, Desa Tanjung Karang 47 anak, Desa Sungai Bunga 6 anak, Desa Bangun Sari 79 anak, Desa Danau Lancang 1247 anak, Desa Ranah Singkuang 155 anak, Desa Pulau Jambu 152 anak, Desa Pandau Jaya 1842 anak.

Baca Juga :   Bupati Kampar Hadiri Tabligh Akbar Bersama UAS di Kampar Kiri Tengah

Dengan 10 Desa dan total 3654 anak Stunting, maka dipandang perlu menetapkan program bersama agar dapat menurunkan jumlah Stunting dengan cepat dan terprogram melalui masing-masing OPD dan itu semua allhamdulillah dapat terlaksana dengan baik.

Untuk itu ucapan terima kasih kepada seluruh penggiat KKBPK di lini lapangan atas kerja samanya pada tahun 2020. “Sehingga berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak, maka penghargaan ini dapat kita raih,” ucap Catur”

Sementara itu, Kepala BKKBN perwakilan Riau Mardalena Wati, menyampaikan terima kasih kepada seluruh kabupaten/kota yang telah serius melaksanakan program Bangga Kencana di tingkat kabupaten dan kota.

“Tidak lupa juga saya ucapkan selamat kepada kabupaten kampar atas prestasi yang telah diraih. Semoga ke depannya Kampar bisa terus meningkatkan prestasi,” harapnya.***