Ansar Ahmad Minta Walikota Batam Benahi Kawasan Hinterland

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, SE, MM, meminta Walikota Batam, H. Muhammad Rudi, SE, MM, juga memperhatikan pembangunan di kawasan pulau-pulau dan Hinterland (pedalaman).

Pemerataan pembangunan sangat penting untuk mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di semua wilayah Kota Batam.

Pernyataan Ansar Ahmad tersebut disampaikannya kepada wartawan seusai acara pelantikan HM Rudi dan Amsakar Achmad, S.Sos, M.Si, sebagai Walikota dan Wakil Walikota Batam yang dilaksanakan di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Senin (15/3/2021).

“Ada dua mesin anggaran yang cukup besar yang menopang Batam. Yang pertama APBD dan yang kedua anggaran Badan Pengusahaan (BP) Batam. Karena itu Walikota kita minta tidak hanya konsen pada pembangunan di kawasan mainland tetapi juga hinterland,” ujar Ansar Ahmad.

Baca Juga :   Bupati Bintan : Tahun 2020 APBdes Mencapai 115 Milyar

Tahun 2021 ini, kata Ansar Ahmad, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam sebesar Rp 2,7 triliun. Sementara anggaran BP Batam tahun 2021 berjumlah Rp 2 triliun.

“Dengan total anggaran Rp 4,7 triliun, yang jauh lebih besar dari pada APBD Provinsi Kepri, Batam kita harapkan tidak terlalu banyak minta alokasi anggaran dari kita,” harap Ansar Ahmad.

Provinsi Kepri saat ini harus konsentrasi ikut memikirkan program pembangunan di tujuh kabupaten dan kota. Dengan total APBD Kepri tahun 2021 sebesar Rp 3,986 triliun, diharapkan Batam tidak meminta porsi anggaran yang besar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

“Karena kami juga harus memikirkan bagaimana memoles Tanjungpinang sebagai ibu kota Provinsi. Memikirkan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau yang tersebar di Lingga, Natuna, Anambas, Bintan dan Karimun. Karena itu Koordinasi terus kita lakukan dengan kepala daerah di semua kabupaten dan kota agar pembangunan tidak terkonsentrasi di satu wilayah tetapi bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Kepri,” pungkas Ansar Ahmad.

Baca Juga :   Akhirnya Dewan Pers Tegaskan , Tidak Ada Larangan Media Untuk kerjasama Yang Belum Verifikasi .

Karena itu saat ini, Ansar Ahmad terus melakukan lobbying ke pusat agar bisa dibantu penganggarannya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Kalau hanya mengandalkan APBD kita tidak bisa berbuat banyak. Dengan bantuan melalui APBN maka akan banyak hal bisa kita lakukan untuk kemajuan Kepulauan Riau yang kita cintai,” kata Ansar Ahmad sambil menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura sebelum akhirnya terbang ke Jakarta untuk bertemu Menteri Pariwisata dan Menteri PUPR yang dijadwalkan siang ini.

Editor : Budi Adriansyah