oleh

Nagari Situjuah Banda Dalam Nan Eksotis Dan Agro Wisata Berbasis Nagari

Limapuluh Kota,(cMczone.com) – Nagari Situjuah Banda Dalam yang merupakan salah satu dari 5 Nagari yang ada di Kecamatan Situjuah Lima Nagari Kabupaten 50 Kota.

Dengan Luas Wilayah yang di dominasi Lahan Pertanian sebesar 70 persen dan hanya meninggalkan kurang 30 persen sebagai Lahan tempat tinggal 5100 jiwa Penduduk.

Wali Nagari Situjuah Banda Dalam Bapak Beni Bhala Tamon mengucapkan ‘ Selamat atas Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati 50 Kota periode 2021 – 2024 , semoga Amanah dan bisa membawa 50 Kota ke arah yang lebih baik ‘ ujar beliau.

Selanjutnya Pak Wali mengatakan ‘ Kami bersama masyarakat Nagari siap membantu dengan segenap tenaga dalam menyukseskan Program program Bupati dan Wakil Bupati dan kami sangat terbuka dalam penyusunan RPJMD Kabupaten 50 Kota Kota kedepan ‘ tukuknya.

Baca Juga :   33 Ton Manggis Asal Padang Telah di Ekspor ke China

Administratif Nagari Situjuah Banda Dalam memiliki 8 wilayah jorong yaitu : Jorong Banda dalam , Padang Ambacang , Koto baru , Tangah Padang , Koto Laweh , Sungai Jilatang , Gurun dan Subarang Tabek.

Dengan Luas Wilayah ± 12.000 Ha.

Jorong Subarang Tabek terletak di lereng Gunung Sago dan mempunyai View pemandangan yang eksotis , di dukung dengan udara yang sejuk.

‘Kami sudah mulai mengembangkan Jorong Subarang Tabek menjadi ikon wisata Nagari di bidang Agro Wisata , untuk itu kami memohon kepada Pak Bupati dan Pak Wabup untuk membantu dalam pengembangannya dalam hal Infrastruktur dan Promosi wisatanya ‘ ujar pak Wali selanjutnya.

‘Infrastruktur antar Wilayah yang berbatasan dengan Kota Payakumbuh menuju Situjuah Tungkar dan Barulak yang melalui Situjuah Banda Dalam adalah Jalur Alternatif ketika musim macet.

Baca Juga :   Wakil Bupati 50 Kota Rizki Kurniawan Nakasri melepas 46 Siswa SMK ke Jogjakarta

Jadi Peningkatan badan dan bahu jalan secara berkala menjadi titik perhatian hendaknya bagi Pemkab.50 kota ‘ tutur Pak wali.

‘ Untuk bidang pertanian , di samping tanaman padi , sekarang kami sangat terbantu secara ekonomi dengan memanfaatkan lahan lahan kami untuk lebih banyak menanam tanaman palawija seperti Jagung ,dll.Sehingga Alhamdulillah ditengah Covid yang menjepit , hasil Palawija sangat menunjang ekonomi masyarakat kami ‘ pungkasnya.

 

Penulis : Sukrianto

Komentar

Berita Lainnya