Ansar Ahmad Prihatin Lihat Pelajar dan Mahasiswa di Jemaja Memburu Sinyal Internet di Padang Melang

Anambas, Kepri (cMczone.com) – Kebutuhan infrastruktur telekomunikasi yang memadai masih menjadi persoalan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan. 

Untuk itu peran Pemerintah Daerah dan Pusat sangat diharapkan, bagaimana menggesa kebutuhan dasar tentang internet dan telekomunikasi mereka bisa terpenuhi.

Demikian dikatakan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, ketika mengunjungi siswa/siswi kelas X, SMA Negeri 1, Jemaja, yang sedang menyelesaikan ujian sekolah secara daring di tepi Pantai Padang Melang, Jemaja, Senin (5/4/2021).

Ansar yang didampingi Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Suhendra, meminta seluruh pelajar dan para mahasiswa di Jemaja tetap semangat meski harus pergi ke Pantai Padang Melang untuk bisa menyelesaikan pelajaran dan ujian secara daring, karena persoalan keterbatasan sinyal internet.

Baca Juga :   Hari Sumpah Pemuda Ke-94 di Bintan: Ada Fashion Show Pakaian Adat Nusantara...

“Adik-adik harus tetap semangat belajar meski dalam kondisi terbatas. Saya, pak Bupati dan Pak Wakil Bupati Anambas mulai tahun ini akan mengupayakan pembangunan BTS 4G di beberapa pulau di Anambas, agar adik-adik semua bisa dengan mudah belajar secara daring di rumah selama Covid-19,” ujar Ansar.

Di Pulau Jemaja, kata Ansar, diperkirakan ada sekitar 5 BTS 4G yang akan dibangun dari 17 BTS 4G yang dialokasikan di Anambas.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai semua, sehingga adik-adik tidak perlu jauh-jauh ke Padang Melang untuk mencari sinyal internet,” harap Ansar.

Sementara itu Muhammad Nabil, salah seorang siswa SMA Negeri 1 Jemaja, menuturkan, bahwa rumahnya cukup jauh dari Pantai Padang Melang. Tetapi karena persoalan sinyal internet yang susah di rumahnya, Nabil mau tidak mau harus ke Padang Melang agar bisa belajar secara daring.

Baca Juga :   Amerika Berikan Pengakuan Kedaulatan Maroko Atas Wilayah Sahara Barat

“Beginilah Pak nasib kami anak pulau. Nak belajar secara daring susah karena sinyal lemot di rumah kami. Terima kasih Pak Gubernur yang sudah mau bantu pembangunan BTS 4G di Jemaja. Kami memang sangat berharap Pak, agar kami bisa dengan mudah belajar selama Covid ini,” kata Nabil.

Di tepi Pantai Padang Melang, memang terlihat puluhan pelajar SLTA dan mahasiswa yang bergerombol membentuk kelompok-kelompok. Mereka bukan sedang liburan atau bersantai-santai di tepi pantai. Keberadaan mereka tengah belajar secara daring karena sinyal internet di pantai ini cukup kuat.

“Kunjungan Pak Gubernur ke Jemaja mudah-mudahan berkah bagi kami. Termasuk kami para pelajar dan mahasiswa yang selalu memburu sinyal internet ke Padang Melang,” kata Corri Oktari, salah seorang mahasiswi Umrah Kepri singkat.

Baca Juga :   Pembangunan Rabat Beton Kelurahan Talang Babat Diduga Tidak Mementingkan Skala Pioritas

Editor :  Budi Adriansyah