Di Musrenbang Lingga, Ansar Ahmad Berharap Lahir Rancangan Perda Investasi

Lingga, Kepri (cMczone.com) – Gubernur Provinsi Kepulauan (Riau), Ansar Ahmad, mengharapkan, dengan dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lingga, selain menghasilkan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), juga melahirkan rancangan Peraturan Daerah (Perda) Investasi demi upaya pemulihan ekonomi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya juga mengharapkan, di dalam Perda-Perda tersebut nantinya akan berisi poin-poin relaksasi kepada para investor dengan prinsip “ada gula ada semut”. Relaksasi tersebut dapat berupa relaksasi fiskal maupun kemudahan proses-proses perizinan yang harus cepat dan transparan” kata Ansar saat memberikan sambutan pada Pembukaan Musrenbang Kabupaten Lingga di Balai Agung Negeri Bunda Tanah Melayu (Aula Kantor Bupati Lingga), Selasa (6/4/2021).

“Contohnya sesuai pemaparan bapak Abdul Wahab (GGM PT BRC) sebelumnya, dengan rencana berlabuhnya cruise ship di Kabupaten Lingga jika ada yang ingin membangun kawasan perhotelan, maka mungkin bisa diberikan relaksasi pajak selama 2 tahun awal pembukaan,” kata Ansar.

Ansar juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga, karena dari infografis perkembangan Covid-19 di Kepri, Kabupaten Lingga menjadi 1 dari 3 Kabupaten yang masuk zona hijau dengan penambahan 0 kasus positif baru bersama Natuna dan Anambas.

Baca Juga :   How to Design complete Graphic Design Idea

“Satgas Covid-19 Provinsi Kepri akan bekerja keras menghentikan pandemi ini, karena sangat mengganggu sendi-sendi kehidupan. Maka saya mengajak semua tetap harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh, walau Kabupaten Lingga sudah masuk zona hijau” tegas Ansar.

Selanjutnya, Ansar memaparkan konstruksi berpikir terkait hasil pelaksanaan Musrenbang dengan referensi untuk menentukan kebijakan ke depan adalah menyangkut 2 hal makro.

“Yang pertama adalah pengendalian Covid dan pemulihan ekonomi di Kabupaten Lingga. Karena pandemi Covid-19 ini memang mendegradasi semua angka-angka indikator ekonomi, salah satunya pertumbuhan ekomomi. Yang kedua, Berkomunikasi dengan para Kepala Balai Kementerian PUPR yang sengaja saya ajak kesini, karena merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Pusat, agar potensi proyek major nasional dapat dilaksanakan di Kabupaten Lingga,” pungkas Ansar.

Sementara itu, Bupati Lingga, Muhammad Nizar, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan Musrenbang ini merupakan bagian dari tahapan Pemerintah Daerah dalam menetapkan RKPD untuk mensinkronkan dari level desa sampai nasional.

Baca Juga :   Bupati Bintan Serahkan 17 Gerobak Kepada Pedagang

“Saya harap kehadiran Bapak Gubernur Ansar dapat memberikan semangat kepada semuanya, dan dapat bersungguh-sungguh melaksanakan tahapan ini dengan profesional,” ujar Nizar.

Nizar juga menyambut baik rencana berlabuhnya kapal pesiar dari Singapura dengan modal awal yaitu zona hijau di wilayah Kabupaten Lingga sudah dicapai.

“Saya beberapa hari belakangan sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan mengenai langkah persiapan. Dari hasil diskusi, kami akan mengajukan 5 titik labuh jangkar cruise ship tersebut yaitu di Pulau Benan, Sekeling, Penuba Selayar, Belakang Mepar, dan pulau berhala. Intinya Pemkab Lingga siap menyambut itu,” kata Nizar.

Pada acara tersebut, juga diberikan kesempatan kepada Group General Manager PT BRC, Abdul Wahab, untuk memaparkan potensi kerjasama pariwisata antara pihaknya dengan pulau-pulau di kabupaten/kota di Kepri.

“Kami mengharapkan atas arahan Gubernur Ansar, PT BRC dapat bekerja sama dengan Pemkab lingga. Sebelumnya, kami telah bekerja sama dengan Pemkab Bintan dalam bidang pariwisata bahari. Kami ingin menyatukan pariwisata Singapura, Batam, Bintan, dan ke depannya dengan Kabupaten Lingga diawali dengan berlabuhnya cruise ship dari Royal Carribean dan Dream Cruise,” ujar Abdul Wahab.

Baca Juga :   Kunjungan Kapolres Merangin Ke Pondok Pesantren AZZAKARIYAH

Adapun Gubernur beserta rombongan tiba di Dermaga Sungai Tenam pada pukul 08.30 WIB pagi, disambut langsung Bupati Lingga, Muhammad Nizar, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Lingga. Selanjutnya tiba di Gedung Daerah disambut dengan pencak silat, tabur beras kunyit dan pemasangan tanjak.

Turut mendampingi Gubernur, Danlanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Andi Wijanarko, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kepri, Albert Renaldo, Kepala SKOP Balai Wilayah Sungai Sumatera V, Nur Hanif Sutama, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional, Yumardi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri Dapil Bintan-Lingga, H. Kamaruddin Ali, Kepala Dinas PUPR, Abu Bakar, Kepala Kesbangpol, Lamidi, Staf Khusus Gubernur Suyono Saeran.

Editor : Budi Adriansyah