oleh

Antisipasi Banyaknya PMI Pulang ke Tanah Air, Kemenhub Siapkan Trasportasi Udara

Batam (Kepri), cMczone.com – Kementerian Perhubungan menyiapkan tranportasi udara untuk pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Dengan demikian ada pilihan transportasi lain, diluar tranportasi laut yang selama ini sudah diberikan.

Kebijakan ini disiapkan, guna mengantisipasi makin banyaknya PMI yang kembali ke Tanah Air. Langkah ini diharapkan mempercepat mereka sampai ke daerah tujuan di kampung halamannya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, usai meninjau secara langsung kedatangan PMI di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Sabtu (1/5/2021).

Menurut Budi, ke depan arus kedatangan PMI dari Malaysia dan Singapura akan terus meningkat. Karena itu, perlu diambil langkah cepat mengantisipasi makin banyaknya PMI yang tiba di tanah air.

Baca Juga :   Ansar Ahmad : Kepri Harus Jadi Pionir Kemudahan Investasi di Tanah Air

Mekanismenya, bagi mereka yang secara ekonomi mampu, diarahkan untuk menggunakan jalur udara. Jadwal dan waktu keberangkatan, akan dikoordinasikan khusus dengan pihak terkait.

Adapun yang tetap memilih menggunakan tranportasi laut, tetap disediakan kapal bersubsidi khusus. Dimana para pekerja ini tetap dibantu sedemikian rupa, untuk bisa kembali pulang ke daerah tujuan.

“Mudah- mudahan langkah ini, akan membantu Tim Satgas di daerah untuk bisa segera memulangkan saudara-saudara kita sampai ke tempat tujuan. Tentu setelah mereka menjalani serangkain aturan hingga mereka  dinyatakan sehat dan bisa segera kita pulangkan,” kata Budi.

Budi pada kesempatan tersebut juga memuji langkah yang dilakukan Satgas khusus pemulangan PMI yang dinilainya telah bekerja sesuai dengan prosedur.

Baca Juga :   Danlantamal IV Terima Kunjungan Kerja Kadiskesal

“Saya sangat bangga,” tuturnya.

Didampingi Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, Budi juga melihat kedatangan langsung PMI yang baru tiba dari Malaysia dan Singapura. Para PMI ini selanjutnya antri berdiri secara tertib, sesuai batas garis kuning dan menjaga jarak 1 meter.

Satu persatu PMI mencuci tangan, untuk selanjutnya masuk ke ruang tunggu khusus dan dilakukan pengecekan kesehatan. Usai menjalani tes kesehatan, para PMI ini diarahkan menuju tempat karantina.

Hadir juga pada kesempatan tersebut , Kapolda Kepri Irjend Pol Aris Budiman, Komandan Korem 033 Wira Pratama  Brigjend TNI Jimmy Ramoz Manalu   sekaligus Ketua Satgas Khusus Covid-19 Daerah Perlintasan dan Walikota Batam Muhammad Rudi.

Baca Juga :   Cek Kondisi Jajarannya, Danlantamal IV Sambangi Lanal TBK

Editor : Budi Adriansyah

Komentar

Berita Lainnya