Dukung Ketahanan Pangan, Lanal Batam Tabur 600 Ribu Benur Vaname

Batam (Kepri), cMczone.com – Sesuai dengan Program Pemerintah Derah di masa pandemi Covid-19 dan arahan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Pangkalan TNI Angkatan Laut Batam mendukung Program Ketahanan Pangan dengan meresmikan Tambak Udang Lintang Samudera di Pantai Melur, Pulau Galang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (23/5/2021).

Tambak udang tersebut bekerja sama dengan Rony Nainggolan, selaku penanggung jawab, dimana peresmianya ditandai dengan penaburan benih udang (benur) Vaname sebanyak 600 ribu ekor.

Diperkirakan jika panen berhasil menghasilkan 10 hingga 12 ton udang Vaname dalam jangka waktu sekitar tiga sampai empat bulan ke depan.

Baca Juga :   Setelah Lanal TBK, Danlantamal IV Kunjungi Lanal BTM

Peresmian disaksikan oleh Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri K, yang juga sebagai Pembina, Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk, sebagai Pendukung Program Ketahanan Pangan di Kota Batam, Danyonif 10 Mar/SBY Letkol Marinir Alim Firdaus, serta jajaran perwakilan Kodim 0316/ BTM, Kepolisian serta para undangan lainnya.

“Saya berharap, agar tambak udang ini berjalan dengan baik kedepannya, sehingga mampu menopang perekonomian masyarakat sekitar. Tambak ini dibuat semata untuk memaksimalkan pemanfaatan potensi kelautan yang ada demi kesejahteraan bersama,” Roni, selaku penanggung jawab tambak.

Ini salah satu wujud program ketahanan pangan, kata Roni, dimana kita melihat begitu besar potensi kelautan dan perikanan di Kepri, khususnya Batam ini. Kita gandeng masyarakat sekitar supaya sama-sama menjalankan tambak ini.

Baca Juga :   Lepas Lelah, Satgas TMMD "Senda Gurau" Dengan Warga

Tambak udang Lintang Samudra ini binaan Lanal Batam melalui program Primer Koperasi Angkatan Laut (Primkopal) yang tujuannya untuk menjalankan Program Ketahanan Pangan.

Tambak ini juga didukung sepenuhnya oleh Kadin Batam dalam rangka memulihkan ekonomi Batam ditengah terpaan pandemi Covid-19 .

“Tahap awal kita mulai dengan 600 ribu benur dulu, nanti kalau sudah berjalan dengan baik kita tingkatkan lagi dengan target bisa ekspor ke luar,” ujar Roni.

Sementara itu, Danlanal Batam mengatakan, bahwa program Ketahanan Pangan dari Primkopal ini meliputi banyak bidang dan salah satu adalah pemanfaatan potensi kelautan dan perikanan yang ada.

“Agar tambak udang Lintang Samudra ini bisa berjaya kedepannya, sehingga berbagai terobosan dari program Ketahanan Pangan yang dijalankan oleh TNI-AL bisa tercapai dengan baik, kita bimbing dan kawal terus ini karena sudah masuk dalam binaan kita,” harap Sumantri.

Baca Juga :   Sejumlah Aktivis Desak Kejagung Perintahkan JPU Kejari Tebo Tuntut Ketua DPC Demokrat Dihukum Maksimal

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kadin Batam, menurutnya pengusaha atau masyarakat umum lainnya agar mulai berlomba-lomba untuk memanfaatkan semua potensi yang ada demi kesehatan dan kemakmuran bersama.

“Ini bisa jadi contoh bagi pengusaha ataupun masyarakat umum lainnya agar mampu melihat potensi yang ada. Kita akan dukung sepenuhnya jika usahanya berjalan sesuai aturan yang ada,” ujar Jadi Rajagukguk.

Editor : Budi Adriansyah | Sumber : Dispen Lantamal IV