Jaga Kebersihan di KBN, Babinpotmar Lantamal IV Goro bersama Masyarakat

  • Bagikan

Tanjungpinang (Kepri), cMczone.com – Untuk menjaga kebersihan lingkungan di Kampung Bahari Nusantara (KBN), yang merupakan kampung binaan Lantamal IV Tanjungpinang, Babinpotmar Lantamal IV bersama masyarakat bersinergi melaksanakan gotong royong (goro), Kamis pagi (10/6/2021).

Tujuan kegiatan tersebut adalah membersihkan rumput dan ilalang di sepanjang jalan Kampung Madong, sehingga diharapkan dapat menjadi bersih dan indah dipandang mata

Kehidupan masyarakat Indonesia memang identik dengan kegiatan gotong royong ataupun kerja bakti untuk menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, pengertian gotong royong perlu dikenali oleh seluruh masyarakat, baik anak muda, orang dewasa, maupun orang tua.

Kadispen Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, disela-sela kegiatan mengatakan, bahwa pembelajaran tentang pengertian gotong royong harus dimulai sejak usia dini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa pengertian gotong royong adalah bekerja bersama-sama (tolong- menolong, bantu-membantu) antara anggota-anggota suatu komunitas.

Baca Juga :   Ansar: Niat Saya Ingin Mengabdi dan Membangun Daerah

“Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat sukarela, agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan,” ujar Saul.

Kampung Bahari Nusantara yang telah dicanangkan oleh Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, pada tanggal 8 September 2020 sempena pengukuhan Babinpotmar merupakan salah satu per-wujudan dari tugas TNI Angkatan Laut dalam upaya membantu Pemerintah Daerah dalam rangka menciptakan masyarakat maritim yang cinta dan ikut melestarikan laut di daerahnya.

Sedangkan terbentuknya Babinpotmar merupakan wujud nyata dan peran serta TNI Angkatan Laut dalam pembinaan masyarakat pesisir untuk menggali dan melestarikan potensi maritim di wilayahnya.

“Salah satu manfaat dari gotong royong adalah dapat terjalinnya rasa solidaritas dalam lingkungan masyarakat, persaudaraan dan kebersamaan sesama warga semakin erat dan masyarakat tentunya saling mengenal satu sama lainnya, ketentraman dan kedamaian akan diperoleh jika antar sesama warga saling peduli dan saling membantu dengan sesama warga lainya,” jelas Saul.

Baca Juga :   Pangkogabwilhan I Kunjungi RSKI Covid-19 Pulau Galang

Kehadiran Babinpotmar, kata Saul, dapat memberikan rasa aman, rasa kebersamaan, rasa rela berkorban, rasa tolong menolong dan rasa sosilisasi di lingkungan masyarakat binaan, sehingga tercipta cinta tanah air dan bela negara yang cukup tinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Bambang Sulistyono, Kasubdis Binpuan Dispotmar Lantamal IV Mayor Marinir Waluyo dan Kasubdis Dayaguna Dispotmar Lantamal IV Mayor Marinir Abdul Halik. Editor : Budi Adriansyah

  • Bagikan
error: Content is protected !!