Bersinergi Dampingi KTH Tarzan Londerang, RLH Wacanakan Sejumlah Program

TANJABTIM, (cmczone.com)

Lembaga Lingkungan Hijau (RLH) terus mematangkan sejumlah program kerja nyatanya terutama di wilayah Hutan Lindung Gambut Londerang.

Selain melakukan pengawasan dan advokasi kepada Masyarakat Sekitar hutan untuk tetap menjaga kelestarian hutan, RLH juga melakukan pendampingan kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Tarzan Londerang dan Membina Pokmas Sahabat Londerang.

Dibawah pendampingan RLH, KTH Tarzan Londerang dan Pokmas Sahabat Londerang telah menyusun sebuah program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya yang hidup berdampingan dengan kawasan hutan tersebut.

“Hampir 3 bulan lebih kita membangun komunikasi kepada masyarakat yang melakukan aktivitas didalam kawasan hutan, kita juga melakukan identifikasi dilapangan kemudian kita lakukan analisis bersama melalui diskusi-diskusi kecil dengan KTH Tarzan Londerang dan Pokmas Sahabat Londerang Kelurahan Teluk Dawan dan Parit Culum 1. Dan pada akhirnya kita telah mematangkan sejumlah program kerja baik berupa agroforest maupun agrowisata yang akan meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan mereka juga mempunyai tanggung jawab moral untuk menjaga kelestarian hutan HLG tersebut” Jelas Dedi Saputra, Sabtu, 12/06/2021.

Baca Juga :   Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah Yang Rp 0,- di Dinas Perhubungan Kabupaten Limapuluh Kota, Kok Bisa?

Dedi Saputra juga menjelaskan, pihaknya saat ini memang fokus melakukan pendampingan KTH dan Pokmas Kelurahan Teluk Dawan dan Parit Culum, karna memang kita masih dalam tahap perencanaan, RLH akan melepaskan mereka secara mandiri ketika mereka sudah mampu berjalan sendiri. Dedi juga menambahkan, pihaknya saat ini memang masih terkendala soal pendanaan, kita akan mencoba membangun komunikasi kepada NGO yang bisa support pendanaan.

“Kita dalam beberapa bulan ini masih fokus kepada masyarakat sekitar hutan di Kelurahan Teluk Dawan dan Parit Culum, saat ini tahap perencanaan sudah matang kerkait program kerja yang akan dilaksanakan. Kita belum ketahap action karna masih mencari pendanaan.

Kami sangat yakin jika ini terlaksana,maka akan memberikan dampak positif yang besar kepada masyarakat kawasan hutan terutama kepada anggota KTH Tarzan Londerang dan Pokmas Sahabat Londerang” Jelasnya.

Baca Juga :   Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota Kibarkan Bendera Robek dan Kusam

Penulis: Sahrul