Hebat !! Duo Wakil ” Milenial ” Kunjungi Hinterland Kabupaten 50 Kota

  • Bagikan

Limapuluh Kota, (cMczone.com)- Wakil Gubernur Sumbar Ir.Audi Joynaldi dan Wakil Bupati 50 Kota Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) mengunjungi daerah daerah terujung (Hinterland) di Kabupaten 50 Kota dengan mengajak OPD OPD 50 Kota, awak media cmczone.com dan Ketua FPII (Forum Pers Independen Indonesia) Setwil Sumbar. Kamis, 01 Juli 2021.

Start di mulai dari Kawasan Lembah Harau sekira Pukul 06.30 Wib, Adapun daerah daerah dikunjungi, yaitu : Nagari Galugua, Jrg.Sei.Nyanyiang – Nagari Koto Lamo, kedua Nagari berada dalam lingkup Kecamatan Kapur IX dan Jorong Nenan – Nagari Maek (Kec.Bukik Barisan).

Nagari Galugua dan secara administratif berada dalam Kecamatan Kapur IX yang berbatasan dengan Kab.Rohul – Provinsi Riau. Akses menuju Nagari Galugua hanya bisa dari Nagari Sialang dan menggunakan alat transportasi khusus (mobil 4X4), jarak yang harus ditempuh menuju pusat pemerintahan Nagari dari Sialang sejauh ± 24 Km dengan berjuang ekstra melewati kontur jalan yang kondisinya variatif, dengan tingkat kerusakannya berbeda beda, sehingga waktu tempuhnya memakan waktu berjam jam.

Setelah di Jamu makan siang oleh Pemerintahan Nagari Galugua , Rombongan melanjutkan Perjalanan ke Nagari Koto Lamo menuju salah satu Jorongnya, yaitu Jorong Nyanyiang.

Baca Juga :   Dandim 0306/50 Kota Menyampaikan Paparan Mengenai TMMD/N ke 111 Kepada Danrem 032/wbr

Dari Kantor Nagari Ke Jorong Nyanyiang memiliki Jarak Sejauh ± 9 KM yang badan jalannya kecil, berliku, menanjak, dan pastinya rusaknya lebih ekstrim dari Jalan Galugua.Tapi luarbiasanya Pemandangan alam dikiri – kanan jalan sungguh indah, seakan akan kita disuguhi bentang keindahan ciptaan tuhan, yang hanya bisa digambarkan oleh salah satu film Hollywood yang legendaris, yaitu Jurasic park.

Dari Jorong Nyanyiang waktu sudah Maghrib, Rombongan bertolak menuju Jorong Nenan – Nagari Maek – Kecamatan Bukik Barisan. Jarak tempuhnya ± 9 Km, kondisi Jalan? Ekstra Ekstrim dengan konturnya hampir sama dengan Jalan Dari Koto Lamo ke Jorong Sei.Nyanyiang.

Wagub Sumatera Barat Ir.Audy Joinaldy dalam keterangannya mengatakan : ” Untuk Membangun Jalan jalan tersebut membutuhkan Dana yang cukup besar, Kami di Provinsi akan berikhtiar sekuat tenaga, kalau perlu kami minta bantuan pusat untuk merealisasikannya ” ungkapnya kepada media disela sela perjalanan.

Baca Juga :   Lagi Dan Lagi, Di Temukan Jasad Bayi Perempuan Terapung Di Batang Agam !!

Wabup 50 Kota Rizki Kurniawan Nakasri berharap secepatnya Jalan Jalan tersebut untuk di perbaiki ” Kami dan Pak Bupati akan mencari skema skema Pembiayaan untuk Pembangunan Jalan secara bertahap. Kalau Jalan sudah Layak, Potensi Pariwisatanya dan SDA nya akan kita maksimalkan ” ujar RKN kepada awak media.

Dari Pantauan Media Kedua Petinggi di Sumbar dan Kabupaten 50 Kota tersebut terlihat sangat prihatin terhadap kondisi jalan yang di lewati.
” Tidak banyak Pemimpin daerah yang berani datang ke kampung kami, Mudah mudahan Bapak bapak tersebut bisa secepatnya merealisasikan perbaikan jalan kami ” harap masyarakat di ketiga daerah.

Penulis : SUKRIANTO

  • Bagikan