Dinas Pendidikan Provinsi Riau Terus Berupaya Mengembangkan SMK Guna Menciptakan Tenaga Yang Kompeten

cMczone.com – Kita tau dunia pendidikan menjadi tempat dimana dasar suatu bangsa dalam menuju bangsa yang maju dan makmur, pengembangan SDM dalam dunia pendidikan yang juga menjadi program pemerintah terus diupayakan melalui Kemendikbud.

Melalui Kemendikbud pendidikan ditingkat SMK yang sekarang sudah menjadi program pemerintah dalam menyandingkan dunia pendidikan dengan dunia profesional, yang tujuannya agar lulusan SMK mendapatkan peningkatan kualitas dan kinerja dalam dunia usaha dan dunia industri.

Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Setwil Riau mencoba melakukan kunjungan ke beberapa SMK dikota Pekanbaru, guna mengetahui minat peserta didik terhadap SMK, dari kunjungan FPII dibeberapa SMK dipekanbaru dalam mencari informasi jumlah peserta yang mendaftar di SMK, dari informasi yang kita peroleh, ternyata setiap tahunnya jumlah peserta didik yang akan melanjutkan ke SMK terus meningkat, berarti disini terlihat animo peserta didik baru terhadap SMK semakin besar.

Baca Juga :   Buka Dapur Umum, Satlantas Polres Bintan Bagikan Makanan Gratis

Kementerian Pendidikan yang sedang mengembangkan mereka lulusan SMK, terus gencar memberikan program-program agar lulusan SMK bisa terserap oleh dunia industri dan dunia usaha. Kemendikbudpun memberikan 6 program dukungan untuk SMK Pusat Keunggulan, dimana harapannya lulusa SMK menjadi tenaga profesional dalam dunia industri maupun wirausaha. 6 program dukungan SMK Pusat Keunggulan yang mengusung semangat merdeka belajar yang berfokus penguatan SDM. program ini diharapkan dapat menjadi penggerak guna meningkatkan kualitas belajar yang sesuai standar Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Pemerintah juga melihat masalah dunia ketenagakerjaan tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan.untuk itulah pemerintah terus berupaya memciptakan program-program yang mampu meningkatkan SDM agar bisa menghasilkan tenaga yang yang unggul, terampil dan kompeten.

Baca Juga :   Berbuntut Panjang, Pria Penganiaya Wanita Paruh Baya Diamankan Polisi

DR. Eng Yusri Rasul,S.Pd,ST,MT Kabid SMK Provinsi Riau saat ditanyai terkait program bidang SMK dalam meningkatkan SMK di Provinsi Riau, Yusri mengatakan saat ini Dinas Pendidikan Provinsi Riau terus berupaya memberikan dukungan kepada SMK di Provinsi Riau agar SMK di Provinsi bisa menjadi SMK Pusat Keunggulan. Untuk memambah jumlah SMK Pusat Keunggulan, Kita akan terus upayakan agar SMK yang ada di Provinsi Riau bisa memenuhi syarat menjadi SMK Pusat Keunggulan

Saat ditanya terkait SDM tenaga pengajar, Yusri menyampaikan saat ini pihak Inspektorat SMK membuat program Upskiling dan Reskiling yang tujuannya dapat meningkatkan kompetensi guru, baik guru yang senior dan junior, dan Dinas pendidikan juga membuat program guna menciptakan guru-guru kejuruan, dan program ini bekerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi vokasi, agar tercipta tenaga pengajar yang profesional dibidangnya, di akhir penyampainya, Yusri mengatakan Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan terus berupaya dalam mengembangkan SMK di Provinsi Riau. (red)

Baca Juga :   "Sembako Door to Door" Polres Tanjungpinang: Salurkan 100 Sembako pada Warga

 

Team FPII Setwil Riau