Untuk Karimun, Gubernur Kepri Terus Tingkatkan Infrastruktur dan Kualitas SDM

Karimun (Kepri), cMczone.com – Pembangunan infrastruktur yang difokuskan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad di Karimun harus diimbangi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

Peningkatan kualitas SDM tersebut adalah dengan menyediakan pusat pelatihan keterampilan bagi anak muda Karimun. Ansar berencana merubah Wisma Transit di Bati, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun menjadi tempat workshop anak muda Karimun.

“Kita sudah merencanakan banyak pembangunan infrastruktur untuk mendatangkan investor ke Karimun. Hal itu harus disambut pula dengan tersedianya SDM yang mumpuni supaya dapat terserap,” kata Ansar, saat meninjau lokasi Wisma Transit, Senin (10/8/2021).

Ansar memang memfokuskan pembangunan infrastruktur di Karimun untuk memancing para investor datang ke Bumi Berazam.

Baca Juga :   HUT 183 Tahun Limapuluh Kota, Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri Gelar Open House

Menurut Ansar, dengan adanya pembangunan bandara Karimun dan pelabuhan peti kemas Malarko akan mempermudah aksesibilitas menuju Karimun dan itu sangat mengundang investor.

Direncanakan jika pada tahun 2024 bandara Karimun sudah dapat dilandasi oleh pesawat narrow body seperti Boeing 737 itu sudah menjadi nilai plus bagi investor. Dengan geliat investasi yang muncul maka pengembangan SDM menjadi hal mutlak yang harus dipersiapkan.

“Karena, kita maunya investasi di Karimun harus dapat dirasakan sebaik-baiknya oleh pemuda-pemudi Karimun sendiri,” tegas Ansar.

Rencana pembukaan workshop pelatihan ini akan dilakukan secara kerjasama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Pemprov Kepri akan membiayai renovasi gedung Wisma Transit tersebut, sementara Kemenaker akan menyediakan fasilitas dan peralatan workshop di tempat tersebut.

Baca Juga :   Perda No 17 Tahun 2018 Berisi Hak Rakyat, Ditengah Data Yang 'Amburadul' Supardi Genjot Sosialisasi dan Evaluasi

Ansar berjanji, akan membawa Dirjen Kemenaker datang ke Karimun untuk mem finalisasi rencana workshop pekerja ini. Sebelumnya, Kemenaker sudah merencanakan membuka Pusat Balai Pelatihan Kerja di Kota Batam.

“Kemarin kita sudah bertemu dengan ibu menteri tenaga kerja, nanti kita akan terus mengejar ini supaya bisa segera direalisasikan,” pungkas Ansar.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq, yang turut mendampingi Gubernur Kepri mengungkapkan antusiasmenya dalam pembangunan tempat workshop ini, Aunur menilai, bahwa pemuda-pemudi Karimun punya potensi yang luar biasa dalam banyak bidang.

“Tentunya dengan adanya pusat workshop ini nantinya mereka akan punya keterampilan tambahan yang bisa mereka pakai,” ujar Aunur.

Aunur berharap, kedepannya pemerataan pembangunan akan terus dilakukan sehingga cita-cita Kepri yang lebih baik bisa terwujud.

Baca Juga :   Produktifkan Lahan, Tumbuhkan Ekonomi

Editor : Budi Adriansyah