Wisuda Sarjana Angkatan IV UIS, Ansar Ahmad : Ciptakan Peluang Usaha, Jangan Terpatok Cari Kerja

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan, bahwa wisuda bukan berarti akhir dari proses belajar. Dengan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, proses belajar tak pernah berhenti. Agar seseorang tak pernah tertinggal dengan perkembangan-perkembangan.

“Dalam ilmu pendidikan, ada dua tugas kita untuk terus meng-upgrade ilmu pengetahuan guna memenuhi standar kompetensi sebagai wisudawan. Pertama transfer ilmu di tengah-tengah masyarakat dan yang kedua merubah sikap dan prilaku,” kata Ansar saat menghadiri acara Dies Natalis II dan Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan IV Universitas Ibnu Sina (UIS) di Hotel Planet Holiday, Kota Batam, Sabtu (28/8/2021).

Ansar percaya, bahwa dengan dengan modal ilmu pengetahuan yang telah ditimba selama duduk dibangku kuliah, para wisudawan akan bisa mengimplementasikan di tengah-tengah masyarakat. Sebagai insan akademis, untuk terus implementasikan pengetahuan di tengah masyarakat.

Ansar pun mengingatkan para wisudawan untuk menjadi mereka yang membuka peluang dalam berbagai bidang. Seperti dengan membuka peluang untuk pekerjaan.

“Selamat untuk para wisudawan. Teruslah kalian kreatif dan inovatif. Ciptakan selalu  peluang usaha. Jangan terpatok cari kerja, tapi buatlah peluang kerja,” ujar Ansar.

Sementara itu Rektor UIS Batam Mustaqim Syuaib mengatakan, UIS merupakan gabungan dari 3 sekolah tinggi, yakni sekolah tinggi ekonomi, teknik dan kesehatan. Pun sebenarnya masih satu sekolah tinggi lagi, yakni Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI) Ibnu Sina.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Hadiri Reuni Akbar Alumni SMAN 2 Tanjungpinang: Bertabur Doorprize Hingga Aksi Donor Darah

“Tapi sejauh ini masih dalam proses. Mudah-mudahan cepat bergabung,” kata Mustaqim.

UIS sejauh ini telah mewisuda 4 angkatan, sepanjang universitas ini resmi beroperasi dua tahun lalu. Dan kali ini menjadi angkatan ke 4 yang dilakukan prosesi wisuda.

Pelaksanaan wisuda kali ini dilakukan sedikit berbeda, karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Prosesi wisuda dilakukan secara langsung dan juga online.

Sebanyak 108 wisudawan melakukan prosesi wisuda langsung dari Ballroom Hotel Planet Holiday dan selebihnya sebanyak 284 mengikuti secara online dari rumah masing-masing. Total sebanyak 392 wisudawan.

Universitas Ibnu Sina Batam sendiri memiliki 3 fakultas kejuruan. Masing-masing Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan dengan program studi Manajemen (SI) dan Akuntansi (SI).

Baca Juga :   BEM FISIPOL UIR Siap Menjadi Tuan Rumah Kongres Nasional ILMISPI Tahun 2022

Berikutnya Fakultas Ilmu Kesehatan dengan program studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SI) dan Kesehatan Lingkungan (SI). Dan terakhir Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Informatika (SI) dan Teknik Industri (SI).

Turut mendampingi Gubernur Kepri, Pj Sekdaprov Kepri Lamidi, Kadisdik Muhammad Dali. Hadir juga Asisten III Sedako Batam, perwakikan dari Yayasan Universitas Ibnu Sina dan para wisudawan.

Editor : Budi Adriansyah